DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

MENUMBUHKAN JIWA ENTERPRENEUR SEJAK DINI

Setiap jumat terahkir semua warga SULUK 02 (SDN Suluk 02 dan TK Dharma putra 02 )melakukan senam bersama dengan instruktur senam P. Hariyanto. Dengan tujuan menumbuhkan rasa kebersamaan dan persatuan karena kegiatan di ikuti seluruh siswa SD  114 siswa , 11 Guru , dan siswa Tk 63 siswa serta 5 Guru beserta wali murid TK  yang menunggu putra putrinya dan dengan senam badan menjadi sehat dan kuat setelah senam semua istirahat sebentar sambil siswa membeli makanan ringan yang sudah di siapkan oleh kelompok dari kelas 5.

Kegiatan ini bertujuan Untuk sarana belajar enterpreneur sejak dini sekaligus keuntungan dari berjualan itu dapat menjadi tambahan tabungan para siswa.

Diharapkan dari kegiatan ini selain menimbulkan prestasi akademik para siswa juga memiliki jiwa wirausaha.Sebagi modal awal untuk memebeli dagangan mereka meminjam dari dana paguyuban kelas kemudian di belanjakan berupa makanan dan minuman seperti , pisang goreng , heci ,juz jambu , juz alpukat, sari kedelai dli.Konsumen pun dari kalangan teman mereka sendiri.

Selain itu sdn suluk 02 juga menamnamkan peduli lingkungan menjaga kebersihan dan menyelamatkan kesuburan tanah sekaligus menambah uang Kas masing – maisng kelas dengan cara

-          Setiap siswa yang minum air kemasan (gelas plastiknya ) harus di masukan dalam kantong plastik yang sudah di sediakan di masing – masing kelas dan kalau sudah penuh di masukan ke gudang, setiap jumat terahkir di jual ke tukang Rosok yang sudah siap di sekolah 1 bulan sekali.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa ikut menjaga kebersihan sekolah dna lingkungan serta di dalam diri siswa akan tertanam karakter bahwa plastik sebagai barang bekas bisa menjadi uang dan kalau plastik itu tidak di jual harus di bakar sebab sampah plastik  sulit terurai sedangkan kalau musim penghujan bisa menjadikan sarang nyamuk karena genangan air.Selain itu membuktikan dan menimbulkan pemahaman kepada siswa bahwa tidak semua bisnis memerlukan modal yang besar, Namun dengan kemampuan yang keras , kesungguhan dan sikap pantang menyerah.

Dan yang paling penting kegiatan ini mampu memberikan nilai positifdan memberikanwawasan tentang berbagai cara berwirausaha. 2Kegiatan di atas bisa mencakup beberapa bidang study

  1. Agama : Kejujuran dalam berdagang
  2. PJOK : makanan tanpa pengawet bersih dan sehat
  3. PLH : Penyelamatan lingkungan ( plastik yang di kumpulkan )
  4. Matematika : Dengan berjualan langsung
  5. PKN : Kerja sama antar anggota kelompok
  6. Wirausaha : Promosi ke kelas – kelas lain dengan menawarkan dagangan nya.