Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

KARTU MATEMATIKA

Matematika merupakan momok sebagian besar murid-murid di semua jenjang sekolah. “Matematika sulit karena harus menghafal banyak rumus  dan banyak caranya”, kata salah satu siswa kelas VI SDN Putat 02.

Tapi, seorang guru profesional harus bisa membuat mata pelajaran yang sulit menjadi mudah dan menyenangkan. “Salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dan alat peraga yang sesuai dengan materi pembelajarannya.” Kata ibu Yuni Astutik, S.Pd wali kelas VI SDN Putat 02.

Salah satu materi yang sulit bagi siswa kelas VI SDN Putat 02 adalah bilangan positif dan negatif. Disini guru menggunakan model pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan dengan kartu positif dan negatif.

Langkah-langkah dari model pembelajaran ini antara lain guru membagikan ke semua anak kartu positif dan negatif. Guru memberikan beberapa soal, lalu menyuruh anak maju sesuai dengan kartu yang dipegangnya.

Saat proses pembelajaran terlihat guru menerapkan dengan apik model pembelajaran tersebut. Murid kelas VI dengan semangat dan aktif mengikuti arahan dari ibu guru. Dengan model pembelajaran ini mereka merasa matematika bukanlah pelajaran yang sulit lagi melainkan pelajaran yang menyenangkan. (16/10) CENDEKIA JILID II