Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

PENJARINGAN KESEHATAN

Kesadaran anak-anak SD dalam menjaga kesehatan sangatlah kurang, untuk itu pegawai puskesmas kaibon mengadakan screening (Penjarigan Kesehatan) kepada siswa siswi SD Negeri Sangen 02, Senin, 15 Oktober 2018. Kegiatan screening ini bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini munkin kata ibu Winarni selaku pegawai puskesmas kaibon.

Penjaringan kesehatan dilakukan pada peserta didik kelas 1 di SD Negeri sangen 02 Geger Madiun. Pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan kebersihan gigi dan telinga, untuk anak yang memiliki masalah dengan gigi maka akan dirujuk ke puskesmas kaibon, terang ibu Atina.

Selain pemeriksaan gigi dan telinga untuk kelas I, pegawai puskesmas juga memeriksa penggunaan garam dapur pada siswa kelas V, dengan cara setiap siswa membawa garam dari rumah sesuai dengan garam yang dipakai memasak orang tua siswa setiap harinya, garam-garam tersebut dites apakah mengandung yodium atau tidak.

Terbukti banyak siswa SD Negeri Sangen yang menggunakan garam beryodium terang bapak Suryono, S.Pd selaku kepala Sekolah SD Sangen 02. Yodium merupakan mineral penting yang sangat dibutuhkan tubuh. Jika anak kekurangan yodium, maka akan mudah terserang penyakit gondok, hal ini dapat mempengaruhi kemampuan anak dalam belajar dan IQ anak menjadi rendah terang ibu Yuni selaku petugas puskesmas kaibon.

Suryono, S.Pd mengaku, kegiatan screening berjalan dengan lancar dan sukses, terlihat dari antusiasme siswa saat diperiksa telinga dan gigi mereka oleh petugas puskesmas kaibon. Suryono berharap dengan kegiatan ini, siswa lebih memperhatikan kesehatan masing-masing, terutama dalam menjaga kebersihan gigi dan telinga, sehingga siswa siswi SD Negeri sangen 02 menjadi anak-anak yang sehat dan cerdas. CENDEKIA JILID II