DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

BUDAYA MEMBACA DI SDN JIWAN 01

SDN Jiwan 01 yang berada di wilayah Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun adalah salah satu sekolah yang sangat dipercaya oleh masyarakat. Buktinya SDN Jiwan 01 memiliki 230 peserta didik yang mana tidak hanya berasal dari wilayah desa Jiwan saja. Namun ada yang berasal dari desa-desa lainnya. Bahkan ada yang berasal dari kecamatan lain dan daerah lain.

Dengan pimpinan ibu Sri Dwiningsih, S.Pd sebagai Kepala Sekolah, SDN Jiwan 01 memiliki 17 Pendidik dan Tenaga Kependidikkan yang professional. Para guru yang telah mengantongi sertifikat pendidik memiliki karakter dan tehnik serta metode pembelajaran yang berbeda-beda namun satu tujuan seperti yang tercantum di dalam UUD 1945 yaitu mencerdaskan anak bangsa. Selain itu bapak ibu guru juga mempunyai inovasi dalam pembelajaran sehingga siswa dengan mudah memahami materi pembelajaran.

Ibu Sri Dwiningsih mempunyai ide cemerlang dengan mengadakan budaya membaca setiap hari selama 15 menit. Karena begitu banyaknya siswa yang ada di SDN Jiwan 01, maka untuk budaya membaca ini diadakan secara bergilir tiap kelas. Dengan cara bergilir ini juga memudahkan tenaga kepustakaan untuk mencatat siswa mana yang pinjam dan yang mengembalikan buku secara teratur.

Budaya membaca di SDN Jiwan 01 sudah berlangsung cukup lama. Terbukti dengan terbiasanya siswa ketika kelasnya mendapat giliran untuk budaya membaca ini, dengan gembiranya mereka berhamburan ke perpustakaan. Banyaknya siswa yang meminjam buku di perpustakaan membuat kewalahan petugas kepustakaan. Namun tiada rasa mengeluh bagi petugas kepustakaan bahkan sebaliknya, mereka merasa sangat senang apabila siswa siswi SDN Jiwan 01 banyak yang meminjam buku di perpustakaan. Ini membuktikan bahwa siswa siswi SDN Jiwan 01 senang membaca.

Kepala Sekolah mengatakan, “Siswa siswi di sini sudah terbiasa membaca setiap pagi selama 15 menit. Dan mereka minimal membaca 2 halaman. Setelah itu mereka menulis kesimpulan dari yang telah mereka baca di bukunya masing-masing dan di ketahui oleh guru kelasnya.”

Dengan membaca diharapkan siswa siswi SDN Jiwan 01 mempunyai wawasan yang luas baik di dalam karakter maupun pengetahuannya. Bahan-bahan bacaannya pun juga beragam. Ada yang pengetahuan, sosial, maupun cerita bergambar serta aneka cerita rakyat yang sarat dengan sikap dan karakter. Sehingga anak-anak bisa mengambil hikmah dari cerita-cerita yang telah mereka baca.

Pembiasaan Budaya membaca di SDN Jiwan 01 dilakukan dengan senang dan bersemangat. Mereka melakukannya dengan ikhlas dan tanpa disuruh suruh lagi. Banyak dari anak-anak yang membaca di halaman sekolah, dibawah pohon-pohon yang rindang, duduk di kursi-kursi taman yang terbuat dari potongan batang pohon.

Budaya membaca diawali sedini mungkin untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Apabila hal tersebut sudah menjadi suatu kebiasaan maka akan tercipta anak-anak yang berkualitas untuk kemajuan nusa dan bangsa. Mereka adalah calon-calon pemimpin bangsa, maka awali dengan membekali anak didik kita dengan membaca.