Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

OUTBOND DI MONUMEN KRESEK

“Ulamanya yang mana pak, yang bawa pedang ya..?” tanya seorang siswa ketika kami mengunjungi Monumen Kresek. Mereka bingung karena warna patung Muso dan Ulama hitam semua, kalau kurang jeli sulit membedakan. Apalagi oleh anak-anak setingkat SD. Alangkah baiknya bila salah satu patung berbeda warnanya. Misalnya patung ulama warna pakaiannya putih, dengan sorban atau peci putih sehingga dengan mudah bisa dibedakan mana Muso dan mana ulamanya.

Pada tanggal 20 Oktober 2018, Sekolah kami SDN Segulung 04 mengadakan kegiatan outbond. Kegiatan dilaksanakan di Monumen Kresek. Dengan peserta siswa kelas 1sampai kelas 6. Sebagian siswa diantar oleh walimurid, terutama siswa kelas kecil, kelas 1 , 2 dan 3. Dengan kontribusi Rp 15.000,- sebagai ongkos kendaraan dan tiket masuk anak-anak dapat menikmati keindahan dan kemegahan Monumen Kresek.

Untuk siswa kelas 4, 5 dan 6 diwajibkan melaksanakan tugas sesuai arahan guru kelas masing-masing. Tugas ini berkaitan dengan pelajaran IPS terutama sejarah pemberontakan PKI yang merongrong kemerdekaan, dan pelajaran SBK yang diimplementasikan dalam bentuk patung dan relief. Siswa antusias mencatat informasi yang tertulis pada Monumen Kresek, tentu saja dipandu oleh guru kelas masing-masing yang juga sangat berseamangat dalam menjelaskan memberikan informasi yang ada di Monumen Kresek. Selepas melaksanakan tugas siswa boleh bermain sepuasnya di seputar monumen tersebut.

Untuk siswa kelas kecil tidak diberikan tugas hanya diberi penjelasan mengenai Monumen Kresek ,setelah itu mereka bisa bermain di taman bermain yang telah ada di situ.

Sekitar pukul 12.00 setelah istirahat dan makan dari bekal yang dibawa dari rumah oleh anak-anak, kami meninggalkan Monumen Kresek. Tepat pukul 13.00 kami tiba di sekolahan.