DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

JALIN KERJASAMA DENGAN PUSKESMAS

GEGER – SDN Sangen 03 Kecamatan Geger ajarkan anak-anak sikat gigi dengan benar dengan menjalin kerjasama dengan Puskesmas Kaibon. Kegiatantersebut dilaksanakan pada tanggal 13 November 2018. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa SDN Sangen 03, yang dipandu oleh 2 petugas dari Puskesmas Kaibon yaitu seorang dokter gigi dan seorang perawat.

Sebelum ajarkan anak untuk menyikat gigidengan benar, petugas puskesmas memberikan penyuluhan tentang begitu pentingnya menyikat gigi dengan benar, cara menyikat gigi yang benar, dan pemilihan sikat gigi yang tepat. Selain itu juga diadakan pemeriksaan gigi terhadap seluruh siswa. Hasil dari pemeriksaan gigi ditemukan beberapa anak yang harus diberi tindakan lanjutan kemudian dirujuk ke Puskesmas Kaibon.

Setelah usai penyuluhan  siswa diajak keluar kelas, di teras kelas anak  diajak mempraktekkan cara menyikat gigi dengan benar menggunakan gigi palsu, yang di pandu oleh dokter petugas Puskesmas Kaibon dan diikuti oleh anak-anak.  Anak-anak melaksanakan kegiatan ini dengan antusias. Harapan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah agar anak bisa menyikat gigi dengan benar sehingga terjaga kesehatan mulut dan giginya.

Karena pentingnya menjaga kesehatan gigi, sekolah melakukan tindak lanjut dari kegiatan tersebut dengan cara setiap seminggu sekali anak-anak melaksanakan sikat gigi bersama, kegiatan tersebut dilaksanakan sebelum pelajaran olahraga.

Kegiatan lain yang telah dilaksanakan SDN Sangen 03 yaitu kegiatan keagamaan “Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW”. Kegiatan keagamaan selalu diperingati karena untuk menumbuhkan rasa iman dan taqwa dihati para siswa. Selain itu, SDN Sangen 03 juga mengirimkan siswa  atas nama Arsyad Fabiansah Nugraha, siswa kelas V untuk mewakili kecamatan Geger dalam  mengikuti lomba Patung tingkat Kabuputen pada tanggal 12 November 2018 lalu.