DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

MENGINGAT SEJARAH NABI DENGAN KUIS

SDN Wungu 01, Banyak cara yang dilakukan untuk memperingati Maulid Nabi besar Muhammad SAW (12 Rabiul Awal 1440 H), kuncinya jangan sampai melupakan sejarah junjungan yang telah menjadi panutan muslim di seluruh dunia.

Kepala Sekolah “Nining Tri Widiastuti” mencoba membuat agar siswa kembali mengingat sejarah perjalanan Nabi mulai lahir sampai Beliau wafat, dengan cara memberikan Tanya jawab kepada siswa, dengan demikian secara tidak langsung mereka bisa mengingat kembali.

Acara berlangsung santai agar semua siswa tidak tegang, apabila ada pertanyaan yang tidak bisa dijawab, guru agama memberi penjelasan, akhirnya dengan cara demikian terjadilah interaksi antara pihak guru dan siswa yang sangat menyenangkan dengan harapan semua materi sejarah Nabi bisa terserap oleh siswa.

Setelah pertanyaan dan penjelasan sudah selesai, kepala sekolah dan guru agama minta dari siswa yang bisa menyimpulkan dari kegiatan tadi, apa makna yang harus dijadikan sebuah contoh dari suri tauladan perjalanan Nabi besar kita, ungkap Nining.

Siswa mengatakan bahwa peringatan ini bisa mengajak siswa siswi untuk menjadi pribadi yang lebih baik dalam bersikap dan bertutur kata seperti ajaran Nabi religius sholeh dan sholekhah, selain itu yang patut dicontoh adalah perjuangan yang tidak pernah kenal lelah dalam perjuangan untuk memerangi kedoliman.

Masih banyak yang menjadi contoh dari perjalanan Nabi besar kita, Beliau berjuang dalam hidup melalui banyak rintangan, namun tidak pernah putus asa, tantangan dari mulai hal yang ringan sampai terberat  telah dilalui dengan penuh ikhlas, maka patutlah jika Beliau dinobatkan sebagai panutan muslim di seluruh dunia.

kegiatan lainnya diisi dengan berbagai lomba antara lain hafalan surat surat pendek dan  hafalan Asmaul Husna, kegiatan ini diadakan di halaman sekolah dengan sangat sederhana initidak mengurangi makna dari sejarah lahirnya Nabi terakhir yang kita cintai, diakhiri dengan acara makan bersama yang mereka bawa dari rumah, tanggal 20 November 2018