DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

SEMARAK MAULID NABI DENGAN AYAT – AYAT AL QUR’AN

SARADAN SDN Sugihwaras 03- Perayaan maulid Nabi Muhammad saw sudah menjadi rutinitas tahunan. Hampir seluruh lapisan masyarakat islam memperingatinya, mulai dari istana negara sampai sudut mushala. Perayaan maulid Nabi Muhammad saw dapat dimaknai dengan semangat penuh dengan lantunan sholawat dan ayat – ayat suci Al Qur’an.

“Banyak yang belum memahami sebenarnya apa itu Maulid Nabi?“ Kami ingin mengajarkan kepada peserta didik, “ungkap kepala SDN Sugihwaras 03 I Made Widiasa kemarin (24/11) yakni memperingati hari Maulid Nabi melalui sholawat dan membaca ayat – ayat suci Al Qur’an sangat penting untuk menanamkan cinta kepada Rosulullah Muhammad SAW sejak anak-anak usia dini.

Dalam tahun ini SDN Sugihwaras 03 menggelar kegiatan dalam acara Maulid Nabi para siswa diberikan tausiyah, bersholawat dengan iringan hadrah dan kegiatan menyusun ayat – ayat suci Al Qur’an. Acara tersebut diisi dengan tausiah agama oleh Bapak Samidjan,S.Pd.I. selaku Guru Agama Islam dalam tausiah nya disampaikan “kita selaku pemuda penerus bangsa harus menjadi pemimpin yang bisa meneladani sifat Raulullah SAW,”ungkapnya.

Berlanjut setelah tausiyah, dengan bersholawat dan kegiatan menyusun ayat – ayat Al Qur’an. Kegiatan ini diikuti oleh setiap kelas. Semua anak sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Setelah lomba sholawat berlanjut ke kegiatan menyusun ayat – ayat Al Qur’an. Setiap kelas saling bekerjasama menyusun ayat demi ayat hingga menjadi sebuah surat. “Kami ingin agar peserta didik mampu menghafalkan ayat Al Qu’an, “ungkap kepala SDN Sugihwaras 03 I Made Widiasa. Dengan metode menyusun tiap ayat peserta didik bisa menghafalkan dan mengetahui arti tiap ayat yang ada dibaliknya. 

Dari berbagai rangkaian acara Peringatan Maulid Nabi ini. Esensi yang di dapat, kepada siswa – siswa yang mengikuti perlombaan ini dapat menjadikan peristiwa kelahiran Nabi untuk mengimaninya , mencintainya dan meneladani akhlaknya.