DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

ARISTA JAJAL KEMAMPUAN IKUT LOMBA DUTA BACA

MADIUN – Arista IKa Pradani (11), siswa kelas V sekolah dasar (SD) di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, berhasil meraih juara harapan 1 Lomba Duta Baca tingkat Kabupaten dengan Tema “Buku untuk Perubahan” di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Madiun yang dilaksanakan pada hari Jum’at, tanggal 23 Nopember 2018.

Ita sapaan akrabnya di sekolah mengirimkan karya tulis dengan judul “Asyiknya Belajar di Taman Kelaras Sekolahku” mampu bersaing dengan ratusan siswa se-Kabupaten Karya tulisnya tersebut pada tahap awal mampu masuk 10 besar dan menduduki peringkat 1 dengan jumlah nilai 470.

Namun, ini bukanlah akhir dari perjuangannya. Ia harus berlomba lagi di tahap dua yaitu mempresentasikan karya tulis yang telah dibuat. Pada tahap presentasi Arista harus puas di peringkat 4 dengan jumlah nilai akhir 420.

“Saya sedikit kecewa namun saya sudah berusaha dan dapat memberikan sesuatu hal yang membanggakan untuk sekolah dan keluarga. Kedepannya saya akan terus belajar dan akan ikut lomba Duta Baca lagi tahun depan,” ujar Arista setelah selesai presentasi.

Arista sejak duduk di kelas III SD memang sudah memiliki hobi membaca. Dia juga dikenal sebagai anak yang pandai di sekolahnya. Ini dibuktikan dengan nilai raport. Ita selalu mendapatkan rangking pertama di kelas sejak kelas 1 hingga sekarang. Arista bersekolah di SD Negeri Kradinan 02 Dolopo.

Sementara itu, sekolah tempat Arista menuntut ilmu mengaku sangat senang dengan keberhasilan tersebut. Pihak sekolah mendorong seluruh siswa untuk berkarya sesuai bakat masing-masing.

“Arista salah satu siswa kami yang memang pandai dan menyukai membaca sehingga dalam membimbingnya tidak ditemukan kesulitan,” terang Hermia Wahyu, guru Pembimbing Karya Tulis Arista.

Keberhasilan Arista dalam mengikuti lomba karya tulis ini mampu membuat teman-teman, saudara dan guru-guru bangga akan prestasinya.

“Di sekolah kami memang mendorong siswa untuk berprestasi dalam hal apa saja, baik dalam pelajaran maupun non pelajaran. Selain itu, keberhasilan ini bisa dijadikan motivasi siswa lain agar berprestasi sesuai bakat yang dimiliki, “ujar Sri Hariwanti selaku kepala sekolah SDN Kradinan 02.

“Walaupun sekolah kami berada di timur hutan kami juga tidak mau kalah dengan SD lain  soal prestasi, “ imbuh Sri Hariwanti.