DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

PEMBINAAN ROHANI SDN DOLOPO 01

SD Negeri Dolopo 01 merupakan SD inti dari Gugus 64 Kec. Dolopo, Kab. Madiun yang di bawah kepemimpinan dari Bp Katiman S,Pd, M.Pd, dan dibantu 13 rekan kerja. Dengan program program yang telah direncanakan bertekat untuk “Menggapai Prestasi yang Berkarakter”

 

Sekolah adalah tempat yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Ya, hampir semua orang pernah menginjakkan kaki di sekolah. Banyak sekali pelajaran dan pengalaman yang dapat dipetik ketika kita berada di sekolah. Seperti sekolah sudah menjadi rumah kedua bagi siswa.

Ketika membahas tentang sekolah, sangat erat kaitannya dengan pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi kehidupan. Sebagaimana yang harus dipahami bahwa pendidikan itu akan membentuk karakter diri siswa.

Dewasa ini, persaingan diberbagai aspek semakin ketat yang kemudian menyebabkan kita lebih terpacu untuk meraih prestasi. Namun, apakah prestasi dapat menjadi jaminan untuk karakter siswa? Belum tentu. Prestasi tidak dapat kita jadikan sebagai indikator bahwa seseorang memiliki karakter yang baik. Namun sampai saat ini, perilaku siswa masih banyak yang gemar menyontek, kebiasaan bullying di sekolah, tawuran, termasuk perilaku orang dewasa yang juga senang dengan konflik dan kekerasan. Melihat fakta seperti itu, maka Kepala Sekolah beserta stap bertekat untuk pembentukan karakter dengan menjadikan SDN Dolopo 01 menjadi SDN Plus dengan pengertian siswa SD tapi rasa MI ungkap Katiman, S.Pd.,M.Pd. Selanjutnya diungkapkan pula bagamana cara meramunya yaitu dengan  cara menambahkan pelajaran utama dengan pelajaran tambahan keagaman antara lain:

(Sejarah Islam, Fikih, Akidah Akhlak, Qur’an Hadits, Bahasa Arab,Ummi, Muhadzoroh, hafalan jus amma tidak ketinggalan program Bina Rohani setiap 3 bulan sekali yang diikuti seluruh warga sekolah dan wali murid. Kegiatan Bina Rohani yang diselenggarakan bertepatan dengan penerimaan nilai sisipan semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 selain diisi ceramah agama juga lagu-lagu Islami. Selain program tersebut tidak ketinggalan pula prestasi-prestasi yang diraih oleh siswa siswi SDN Dolopo 01 disemester 1 tahun pelajaran 2018/2019 ini telah mengikuti Olympiade Mipa diajang Primagama mencari bintang, mendapatkan juara 2 atas nama Asti dan juara 3 atas nama Farisa Fernanda Aulia, Juara 2 se Kabupaten Ponorogo dalam lomba Matematika atas nama Arga Hanifa Budiono. Selain itu juga mewakili Dai Kecil di tingkat Kabupaten atas nama Sintya Nadi Nafi Artanti kelas 2, serta mewakili lomba bercerita atas nama Leonicha Juansyah kelas 5 yang akan diselenggarakan dibulan Desember 2018

Begitu juga dengan ekstrakulikuler yang lain, pastilah membawa dampak positif bagi karakter siswa. Program ekstrakulikuler sangatlah berguna bagi siswa. Dalam kurikulum 2013, setiap siswa wajib mengikuti ekstra pramuka. Ini dapat menjadi salah satu cara pembentukan karakter yang baik. Siswa diajarkan bagaimana untuk bisa survive dimanapun dia berada. Untuk meningkatkan kedisiplinan di SDN Dolopo 01 juga dilatih POLCIL di bawah didikan Aipda Hendry Setiawan, S.H., M.H. dari Polsek Dolopo.

Bagaimanapun juga, karakter adalah kunci keberhasilan individu.