DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

PENTINGNYA SEKOLAH BERKOLABORASI DENGAN MASYARAKAT

Banyak cara sekolah untuk mengembalikan minat orang tua untuk kembali ke jenjang sekolah Negeri, yang disinyalir ada yang beranggapan bahwa negeri kurang mampu menarik daya tarik masyarakat karena minimnya ekskul, baik kategori permainan dan religius.

Dilema sekolah negeri karena ada aturan tentang tidak boleh menarik iuran secara langsung dari masyarakat, akibatnya agak berkesan kurang gereget dalam kegiatan, namun apabila masyarakat mempunyai inisiati mandiri membentuk paguyuban untuk membantu sekolah, itu sah-sah saja tidak melanggar aturan yang ada, tegas Kepala SDN Wonoasri 02 Adi Kusumandari.

Menurut Beliau berawal dari inisiatif salah satu dari orang tua siswa yang mempunyai peralatan gamelan, meskipun kurang lengkap, namun masih bisa digunakan, mengajak anak-anak yang hobi karawitan dilatih untuk ditampilkan ketika waktu pembagian raporĀ  UAS 1.

Empat hari anak-anak digembleng, eh ternyata layak untuk ditampilkan, maka pada tanggal 15 Desember 2018 sekolah mengumpulkan orang tua mengambil rapor, dengan tujuan menunjukkan kebolehan siswa kepada masyarakat.

Ternyata tanpa disangka-sangka, orang tua siswa khususnya kelas empat dan lima telah merespon dan merencanakan akan membentuk paguyuban eskul karawitan maupun lainnya, ini merupakan sinyal penting bagi sekolah untuk kedepannya yang sekarang hanya mempunyai siswa sangat minim, yakni 73, tegas Kepala Sekolah.

Momen seperti ini sebenarnya sangat diharapkan dari pihak sekolah, karena ada inisiatif masyarakat untuk membentuk paguyuban yang ingin kembali membesarkan nama sekolah mereka, mayoritas penduduk asli juga alumni SDN Wonoasri 02, siapa lagi kalau bukan mereka, karena sekolah tidak bisa bergerak lagi karena hanya mengandalkan bantuan dari BOS saja.

Beliau yakin, dengan terbentuknya paguyuban dari masyarakat atau orang tua wali siswa, karena semua kebutuhan dan biaya kegiatan akan ditanggung mereka sendiri, otomatis lambat laun akan berpengaruh dalam peningkatan perolehan penerimaan peserta didik baru (PPDB), hal inilah pentingnya sekolah bisa berkolaborasi atau kerja sama dengan wali murid atau masyarakat.