DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

SISWA SDN WUNGU 02 MENGUKIR PRESTASI DI PORKAB MADIUN

20 Desember 2018 Muhammad Abdul Qodir zailani klas 5 SDN Wungu 02 meraih presatasi juara 3 catur kilat pada event Pekan Olah Raga ke 2 tingkat Kabupaten Madiun di Graha Retno Dumilah.

Kepala SDN Wugu 02 Kecamatan Wungu Suwarno menginformasikan bahwa event tingkat Kabupaten Madiun ini dipersiapkan untuk mengikuti Pekan Olah Raga tingkat Provinsi tahun 2019 nanti, selain itu juga untuk menggali bibit yunior, karena kompetisi catur juga termasuk dalam program kemendikbud, yakni olimpiade olahraga siswa nasional (O2SN).

Manfaat olahraga catur bagi siswa tentunya untuk melatih kesabaran, mempertajam daya ingat dan rasa tanggung jawab, meskipun memerlukan waktu panjang yang terbuang, sehingga untuk prestasi sekolah jika pihak guru dan orang tua tidak bisa mengarahkan dengan benar, maka prestasi akdemik bisa menurun.

Beliau mengatakan bahwa olahraga catur bisa meningkatkan prestasi akademik, data menunjukkan pemain catur banyak yang menjadi ilmuwan, karena pembiasaan menekuni sesuatu dengan sungguh-sungguh seperti mereka mempertahankan ketika menghadapi musuh di papan catur, dampaknya membuat otak bisa terpacu dan terasah untuk belajar lebih eras.

Beliau juga menegaskan bahwa olahraga apapun yang sudah diakui pada tingkat dunia, berarti sudah diuji kemanfaatanya untuk atlet, apalagi even ini sudah termasuk dalam daftar kompetisi O2SN kemendikbud yang peruntukannya untuk siswa, jika tidak mempunyai output dan dampak yang bagus tentunya dilarang untuk dipertandingkan.