DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

NYAMUK MEMPUNYAI ALAT CANGGIH SEMACAM REMOTE CONTROL

Memahamkan siklus kehidupan mulai dari jentik sampai menjadi nyamuk dewasa kepada siswa sangat diperlukan, karena bisa mencegah sebelum terkena penyakit akibat gigitan nyamuk yang sangat menjengkelkan itu, Tegas Kepala SDN Krokeh Kecamatan Sawahan, Samini.

Penyakit akibat nyamuk, ibarat seperti kita dibuat menjadi robot, seakan-akan nyamuk mempunyai alat canggih berupa remote control, kita sakit diberi tenggang waktu tertentu, misalkan selama 3, 4 atau 7 hari, sakit kambuh lagi sakit kambuh lagi, tegas Beliau.

Yang perlu diketahui siswa dan masyarakat adalah, bahwa nyamuk mulai sudah bisa terbang menjadi dewasa, sebenarnya tidak bisa terbang lebih antara 50 sampai dengan 100 M dari tempat, apalagi umur nyamuk juga tidak panjang, yang jantan dua minggu yang betina bisa satu bulan.

Samini mengimbau kepada seluruh siswa, setelah bersih-bersih lingkungan sekolah ini, juga wajib dilakukan di rumah masing-masing, mengingat nyamuk tidak bisa terbang jauh, otomatis jika berkembang di rumah, tentu kemungkinan besar terbangnya hanya di sekitar tersebut.

Meskipun umur nyamuk tidak panjang, namun bisa berkembang lebih cepat, sekali bertelur sekitar 300 butir, maka siswa harus paham betul tempat-tempat tertentu yang sangat disenangi nyamuk untuk bisa berkembang biak lebih banyak lagi.

Samini mengingatkan, musim hujan telah tiba, dimungkinkan kondisi semacam ini sangat disenangi oleh nyamuk, maka jangan mengeluh jika setiap hari sebelum pelajaran dimulai anak-anak melakukan bersih-bersih lingkungan sekolah dulu.