DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

MEFUNGSIKAN LINGKUNGAN AGAR MEMPUNYAI HASIL DAN MANFAAT

R. Djoko Pudjianto, S. Pd. Kepala SDN.  Nglanduk 01 mengenalkan manfaat jenis keluarga tanaman toga seiring dengan musim hujan banyak tempat lingkungan sekolah yang kotor, apalagi ada isu hari ini terkenal dengan wabah demam berdarah.

Jika kita memanfaatkan lingkungan sekolah dengan menanam jenis tanaman tersebut, tetapi dengan catatan bahwa kegiataan ini sifatnya bukan sesaat saja, tetapi seluruh siswa digilir beberapa kelompok dengan tujuan mereka rutin setiap hari bisa merawat.

Menurut Beliau, anak zaman sekarang masih tergantung jenis obat-obatan instan dari apotek yang telah dikenalkan oleh orang tua mereka, padahal tanaman toga asli dari warisan nenek moyang kita manfaatnya lebih jauh dan lebih ampuh dari obat-obatan buatan apotek.

Dimungkinkan tanaman dari apotek bahannya juga banyak yang mengambil dari jenis tanaman toga tersebut, cuman sudah dikemas dalam bentuk kapsul dan tablet, hal ini anak zaman milenial sangat perlu untuk dibangkitakan rasa ingin tau agar tanaman warisan tidak dilupakan.

Tanah disamping perpustakaan untuk menanam tanaman toga tersebut, seperti jahe kencur, kunyit,sereh,bentis, daun suruh dengan menggunakan media polibek sebagai tempat menanamnya agar mudah untuk merawatnya, tegas beliau.

Beliau yakin apabila tanaman ini kita rawat dengan baik, suatu waktu pasti mempunyai hasil dan manfaat, baik terhadap guru, siswa dan masyarakat, jadi untuk tahun 2019 ini semua kegiatan bukan hanya input, proses dan outpu tanaman sudah tumbuah saja, tetapi lebih ditekan wajib mempunyai hasil dampak kedepan.

Pemahaman itu juga ditekan kepada seluruh siswa, bahwa ibarat kita hidup bukan hanya bermafaat untuk dirinya saja, tetapi harus mempunyai kemanfaat yang lebih besar kepada masyarakat luas, contoh pohon pisang tidak akan mati jika belum bisa menghasilkan buah.

Harapannya dengan adanya kegiatan yang berkelanjutan seperti ini, siswa mempunyai tanggung jawab terhadap lingkungan sekolah yang bisa menghimbas ke lingkungan rumah masing-masing, selain itu juga mengenalkan tanaman toga warisan yang mempunyai manfaat sangat manjur untuk obat, saat ini sudah mulai ditinggalkan dan dilupakan.