DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

AJARKAN CUCI TANGAN DENGAN SENAM PINGUIN

Mens sana Corpore Sano, inilah mottoyang mendorong dilaksankannya pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di SDN Tiron 02, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun. Salah satu wujudnya yaitu dengan pembiasaan cuci tangan.

Cuci tangan merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah untuk mencegah penyebaran penyakit. Mengajarkan anak mencuci tangan sejak dini memang sangat penting, sebab tangan merupakan anggota tubuh yang rentan memiliki resiko menyebarkan berbagai macam bakteri dan penyakit.

“Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan karakter yang harus dibiasakan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku sehingga peserta didik sadar, mau dan mampu mempraktekkan perilaku hidup bersih dan sehat. Salah satunya yaitu dengan membiasakan cuci tangan” kata kepala sekolah SDN Tiron 02 Siswanti, S. Pd kemarin (29/1). Sekolah kami melaksanakan senam 2x dalam seminggu, yakni setiap hari Selasa dan Kamis.

Siswanti menuturkan, selama ini memang anak- anak sudah terbiasa cuci tangan sebelum masuk kelas, selesai bermain, sebelum dan sesudah makan di kantin. namun demikian, langkah cuci tangan yang anak- anak lakukan selama ini masih belum tepat.

Bukan hal mudah untuk mengajarkan peserta didik membiasakan cuci tangan dengan benar. Anak- anak akan mudah mempraktekkan langkah- langkah cuci tangan dengan benar melalui kegiatan yang menyenangkan.

Oleh karena itu kami mengajarkan cara mencuci tangan melalui senam pinguin, diiringi musik senam pinguin, anak- anak melakukan gerakan langkah- langkah cara mencuci tangan dengan baik dan benar. Senam dilaksanakan 2x dalam seminggu, yakni setiap hari Selasa dan Kamis. Untuk senam pinguin dilaksanakan setiap hari Selasa. Diharapkan melalui senam ini, anak akan terbiasa untuk cuci tangan dengan benar.