DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

EKSTRAKURIKULER KECIL BERPENGARUH TERHADAP NILAI, TETAPI PENGGALIAN POTENSI DIRI

Lingkungan sehat sangat didambakan oleh siapapun, selain mempunyai dampak agar terhindar dari semua wabah penyakit yang ditimbulkan oleh nyamuk juga bisa menjadikan nyaman dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari.

Pembiasaan dalam segala bidang sekarang mulai digalakkan oleh pemerintah sejak usia muda agar menghasilkan insane yang mandiri dan akhirnya berdampak pada kehidupan selanjutnya, mereka sadar bahwa budaya hidup sehat perlu digali setiap waktu.

Seperti yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan jenjang Dasar korwil IV, yakni Kecamatan Jiwan dan Sawahan ini sejak mendengar banyak berita bahwa rumah sakit tidak bisa menampung pasien yang disebabkan oleh nyamuk, langsung mereka sebelum kegiatan belajar dimulai melaksanakan bersih-bersih lingkungan sekolah dulu.

Pembiasaan kegiatan atau ekstrakurikuler memang bukan pelajaran utama, apalagi sangat kecil terhadap pengaruh nilai dalam rapor, biasanya diabaikan dianggap kurang penting, namun sebenarnya mempunyai pengaruh yang sangat luar biasa untuk menggali potensi mereka.

Bakat merupakan hal terpenting dalam diri siswa, karena mereka akan bisa menentukan sebuah cita-cita yang menjadi dambaan kedepan, sudah terbukti bahwa sekarang orang bekerja banyak yang tidak sesuai dengan ijazah yang dimilki. Justru mereka cenderung bekerja sesuai dengan bakat mereka.

Bakat adalah kecendurang terhadap belajar sesuatu yang disesuaikan dengan kemampuan potensi yang ada dan akan menghasilkan lebih cepat dari pada yang lain, akan tetapi bakat tidak bisa berkembang sesuai apa yang diharapkan, apabila fisik mereka tidak kuat, bakat ada, tetapi fisik tidak mendukung, berarti tidak bisa mengembang pentensi dengan lebih maksimal.

Satuan pendidikan Korwil IV menyadari adanya hal itu, penyakit yang disebabkan nyamuk bisa menghambat mereka dalam menggali potensi diri, sejak himbauan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sodik Hery Purnomo S.Si kemarin, mulai sekarang setiap pagi melaksanakan bersih-bersihsekolah.

Semoga dengan budaya bersih-bersih lingkungan sekolah ini siswa seluruh korwil IV terihindar dari penyakit, lingkungan menjadi sejuk bebas pulusi udara, air menjadi bersih dan nyaman diminum dan terakhir siswa lebih tenang dalam menjalan semua aktifitas sehari-hari yang akhirnya pengembangan potensi diri bisa sesuai dengan harapan.