DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

KUHIASI SEKOLAH DENGAN KARYA PELANGIKU

Siswa kelas VI SDN Sukorejo 01 Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun setiap hari sabtu pagi melakukan kerja sama untuk menciptakan sebuah karya terbarunya di sekolah tercinta yaitu membuat bunga hias dengan pot gantung tali pelangi . Karya ini dibuat untuk memenuhi tugas akhir dalam mata pelajaran seni menciptakan sebuah karya dengan berkelompok berbagi pekerjaan dalam pembuatan pot hias dan selanjutnya dikerjakan disekolah.

Siswa menemukan sebuah ide tersebut dari guru kelas yaitu Bapak Sunarto, S.Pd. Beliau memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa agar lebih kreatif, inovatif dan ramah lingkungan dengan memberikan karya terbaru untuk sekolah kita. Bapak Kepala Sekolah juga memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap karya ini dan mendukung adanya inovasi siswa “Kami memang memberikan bimbingan dan pengertian kepada siswa agar menciptakan sebuah karya yang kreatif, inovatif dan ramah lingkungan sekaligus bisa mempercantik keadaan sekolah kita dengan dituangkan dalam sebuah karya ”, ujar Kepala SDN Sukorejo 01 Bapak Suprintoko, S.Pd

Cara awal yang dilakukan dalam pembuatan karya ini yaitu menyiapkan tali warna warni. Tali warna warni yang sudah dibeli dibentuk menjadi anyaman yang diinginkan siswa yang sudah diajarkan bapak guru wali kelas. Pada saat pembelajaran dikelas Bapak Guru hanya menerangkan teori dari anyaman, setelah itu dilanjutkan praktik pembuatan anyaman untuk ditali dengan sebuah pot. Cara kerja dilakukan secara berkelompok. Dalam 29 siswa dibagi menjadi 5 kelompok. Dalam satu kelompok membuat 2 karya.

Kerja sama yang dilakukan siswa sangat bagus. Mereka membagi kelompok tersebut dengan sendiri tanpa ada pemilihan dari guru. Dengan demikian hasil yang diharapkan sangat sesuai dengan apa yang diinginkan. Kemudian hasil karya tersebut digantungkan didepan kelas dan kantor sekolah. Sekolah menjadi rindang dan indah karena terdapat hiasan yang sudah dibuat oleh siswa sendiri.  

Hal ini akan menjadikan inovasi untuk adik kelas. Adik kelas yang melihat karya kelas enam selalu memberikan pujian dan ingin sekali memberikan karya di sekolah tercinta. Pembuatan karya akhir merupakan sebuah kebiasaan dari siswa SDN Sukorejo 01. Mereka berlomba-lomba memikirkan karya apa lagi yang dapat dijadikan sebuah karya inovatif untuk SDN Sukorejo 01 Tercinta. Antusias adik kelas tinggi untuk menghasilkan sebuah karya terbaru. Bahkan dari mereka ada yang mengungkapkan ingin menghias ruang kelas mereka sesuai dengan kemampuan mereka. Semoga hal tersebut dapat tercapai dan menjadikan sebuah inovatif untuk generasi berikutnya.

Harapan dari penulis semoga lulusan SDN Sukorejo 01 Kecamatan Kebonsari bisa terinspirasi dengan adanya pembiasaan pembuatan hasil karya terbaru, semoga yang terlintas di nalurinya tidak hanya menghasilkan sebuah hiasan saja, tetapi hal-hal lain yang lebih berguna untuk bangsa dan negara.