DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

SDN PURWOREJO 01 PILANGKENCENG, MELESTARIKAN BUDAYA MELALUI SENI TARI

Pilangkenceng, Kepala SDN Purworejo 01 Kecamatan Pilangkenceng merasa beruntung, untuk ekstrakurikuler pengembangan seni tari tidak perlu susah-susah mencari pelatih dari luar, karena Kebetulan guru di SD Negeri Purworejo 01 yang bernama Titik Sudjiharti, lulusan D II Seni Tari STKW Surabaya, tegas Ibu Miati, S.Pd.

Sebagai persiapan adanya Festival dan lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) program kemendikbud yang setiap tahun rutin mengadakan lomba, mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional yang berkelanjutan dalam rangka mencari bakat, khusunya satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah.

“Bakat tidak bisa dipaksakan, bakat merupakan naluri bawaan sejak lahir, menguasai banyak teori tanpa bakat prestasi tidak bisa maksimal, mengawali latihan ini dalam rangka mencari adanya bakat yang terpendam” tegas Kepala SDN Purworejo 01 Kecamatan Pilangkenceng, Miati.

Selain itu, Seni tari bisa membantu perkembangan fisik dan motorik, melatih disiplin, meningkatkan kemampuan berpikir, belajar bekerja sama, dan merangsang kreativitas, semua itu harus secara pelan-pelan bisa terserap di benak otak yang paling dalam oleh siswa sejak dini.

Fisik dan Motorik mengenai perkembangan fisik yang lebih terjaga, disiplin selalu menepati jadwal, kemampuan berpikir yakni mengasah daya ingat, bekerja sama yaitu berkolaborasi sesama teman, dan merangsang kreatifitas selalu menciptakan hal-hal yang baru.

Latihan rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu setelah kegiatan belajar mengajar selesai dan di ikuti anak-anak kelas IV dan kelas V, untuk kelas VI sementara tidak boleh ikut karena sebentar lagi sudah menghadapi Ujian Sekolah.

Harapan Suharini, “semoga dengan adanya guru yang sesuai profesinya, kegiatan ini akan terus berkelanjutan di masa mendatang dan dapat berjalan lebih optimal sehingga nantinya dapat memberikan prestasi dalam bidang seni bagi sekolah, khusunya menyesuaikan program FLS2N Kemendikbud.