DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

STRATEGI MENGAJAR SEJARAH PADA KIDS JAMAN NOW

Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lampau. Selain sebagai pengetahuan, sejarah merupakan catatan peristiwa yang di dalamnya terdapat pelajaran yang bisa kita ambil untuk menentukan masa depan.

Peristiwa besar yang pernah terjadi di Madiun, yakni pemberontakan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI)  tahun 1948 sudah lama mulai ditinggalkan atau dilupakan oleh masyarakat sekitarnya, padahal peristiwa tersebut banyak membawa korban dan meninggalkan luka yang berdampak sangat tidak berpihak khususya masyarakat Madiun.

“Meskipun ada banyak pendapat yang  pro dan kontra, tetapi peristiwa itu sudah tercatat di sejarah Indonesia bahwa pemberontakan itu memang benar-benar ada, hanya versi jalan cerita saja, dimungkinkan dari pihak yang di utungkan dan dirugikan, itulah sebuah resiko dari berakhirnya sebuah sejarah,” ungkap Kepala SDN Dempelan 02 Kecamatan Wungu Budiharto, S.Pd.

Masyarakat Madiun, khususnya yang lahir sejak jaman milenial, ketika ditanya tentang PKI, mereka sebagian besar mengatakan tidak tau, apa itu PKI, hal ini tidak boleh dibiarkan, pemahaman tentang PKI Madiun harus benar-benar disosialisakan kepada mereka, karena bahaya laten Komunis dan ajarannya tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

Dalam kegiatan praktek sejarah, SDN Dempelan 02 Kecamatan Madiun telah mengajak siswa berkunjung secara langsung ke Monumen Kresek di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun pada tanggal 29 September 2018.

Monumen Kresek merupakan salah satu tempat wisata bersejarah yang dibangun untuk mengenang peristiwa pemberontakan G30S/PKI yang terjadi pada tahun 1948, dengan berkunjung secara langsung, siswa dapat belajar sejarah dan mengambil hikmah peristiwa yang pernah terjadi di tempat tersebut sekaligus berwisata menikmati alam pegunungan yang masih asri dan menghirup udara yang masih bebas dari polusi.

“siswa jaman milenial wajib paham dengan adanya peristiwa PKI Madiun itu memang benar-benar ada, yang telah membawa banyak korban bagi orang-orang yang tidak berdosa, sehingga peristiwa tersebut telah menorehkan nama Madiun masuk dalam daftar hitam, padahal pelaku utamnya bukan asli orang Madiun, semoga tidakt terulang lagi’, itulah Harapan dari Rumiani, S.Pd.