DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

MEMPERCEPAT PEMAHAMAN SISWA DENGAN MEDIA PENDUKUNG

“Dengan adanya tingkat pemahaman siswa terhadap mapel atau bidang studi yang berbeda-beda, guru harus pandai-pandai bisa menerapkan strategi pembelajaran dari pada ceramah di depan kelas, ada siswa yang sudah belajar sendiri dan ada yang sebaliknya, itulah problem proses KBM sampai saat ini,” ungkap Kepala SDN Sirapan 02 Wungu Sri Wibiati.

Meskipun zaman milenial, strategi pembelajaran konteksional masih sangat dibutuhkan, terbukti pemerintah pusat masih menganggarkan untuk kegiatan tersebut, ini menandakan kepedulian pemerintah pusat bahwa program tersebut masih sangat penting untuk pembentukan pembiasaan karakter siwa.

Terlepas dari pembelajaran konteksional, SDN Sirapan 02 Wungu cenderung lebih menerapkan pembelajaran yang lain, yakni dengan alat media pendukung lidi, meskipun banyak yang mencela karena dianggap kesannya sudah tertinggal, mengapa zaman milenial masih menggunakan media konvensional.

Meskipun kesannya masih kuno, tetapi telah mendapat atensi dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sodik Hery Purnomo S.Si, “prinsip inovasi dalam pendidikan adalah mempercepat proses pemahaman anak didik terhadap materi pembelajaran dengan memanfaatkan sarana yang paling sederhana yang ada dan mudah didapat,” tegas Beliau.

 “Dengan bantuan media lidi dianggap sudah kuno, tetapi metode yang unik dan sederhana ini masih bisa bermakna untuk mempercepat pemahaman siswa yang kategori lambat belajar dan sekaligus untuk membangkitkan motivasi’” itulah harapan Kepala SDN Sirapan 02 Wungu Sri Wibiati.

(NDN)