DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

SDN PUCANGREJO JIWAN

MAJU TANPA RAGU

Ajarkan Ekstrakurikuler, bangun karakter bangsa.

Sekolah Dasar Negeri Pucangrejo patut diacungi jempol. Sekolah yang terletak di lingkungan pedesaan tepatnya di kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun tidak sekedar mengajarkan kurikulum pendidikan, sekolah ini juga mengajarkan ekstrakurikuler dalam membentuk karakter siswa. Ini terlihat dari kemampuan siswa yang ditunjukkan dalam  prestasi baik di bidang akademik maupun  seni. Sejak awal sekolah kami sudah berkomitmen untuk mengembangkan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan sejalan dengan perkembangan zaman. Salah satunya dengan menumbuhkan nilai keagamaan pada siswa.

Nilai-nilai luhur keagamaan seperti BTQ (Baca Tulis Quran) sudah diberikan kepada siswa pada kegiatan ekstrakurikuler mulai kelas I sampai dengan kelas VI sejak 5 tahun yang lalu. Untuk kelas I – kelas III dilaksanakan di mushola sekolah dan dibimbing oleh guru PAI, sedangkan kelas IV –  VI dilaksanakan di masjid desa dengan bimbingan seorang pengajar khusus TPA. Dengan ekstrakurikuler BTQ ini diharapkan setelah lulus anak memiliki kemampuan membaca Alquran dan melaksanakan ibadah yang lain dengan benar.

Di bidang akademis sekolah kami mengadakan kegiatan ekstrakurikuler olympiade MIPA  yang khusus diberikan kepada siswa yang memiliki peringkat 1 – 3 di kelasnya. Bimbingan ini khusus diberikan untuk siswa yg berperingkai hanya untuk kelas 3,4, dan 5. Mengapa diberikan mulai kelas 3, tentu saja untuk mempersiapkan bila sewaktu-waktu mengikuti lomba olympiade mewakili sekolah. Hasilnya tidak mengecawakan  dengan diraihnya juara 1 untuk olympiade IPA dan juara 3 untuk olympiade Matematika pada kejuaraan olympiade tk kec Sawahan pada tahun pelajaran 2016/2017. Selain itu untuk Siswa berprestasi Putra dan Putri tahun ini keduanya memperoleh juara 1.

Program pendidikan karakter untuk pengembangan di bidang seni yang mengarah pada life skill anak adanya ekstrakurikuler seni dongkrek. Kesenian dongkrek merupakan warisan budaya yang harus kita lestarikan, apalagi usia anak SD merupakan masa emas untuk mengenalkan budaya adiluhung bangasa agar tidak diklaim oleh bangsa lain. Hal ini  tampak pada acara sepekan pameran budaya kabupaten Madiun  di alun-alun Mejayan yang diikuti oleh sekolah kami setiap tahun.Di bidang seni lainnya ada seni lukis dan seni patung yang diikuti oleh anak-anak yang berbakat di bidang tersebut.

Ekstrakurikuler lainnya drumb band sangat diminati oleh semua siswa. Suara pukulan ritmik sesuai not lagu membuat siswa yang sebelumnya senang  memukul dengan alat gendang buatan siswa sendiri, dari pipa air maupun galon air bisa membuat  antusias siswa dalam berlatih drumb band. Itu semua bertujuan untuk mengimbangi akademik , seni, maupun ketrampilan agar selaras dengan perkembangan fisik maupun rohani siswa.

Dengan kegiatan ekstra kurikuler serta pembiasaan  berkarakter di sekolah  maka penanaman pendidikan karakter  dapat   seiring sejalan dalam membentuk karakter anak. Diharapkan ke depannya prestasi sekolah akan lebih maju tanpa ragu, dan mampu bersaing dengan sekolah lainnya.

 RADAR : BEKALI JUARA KELAS CETAK PRESTASI WAHID 04/04/2017