DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

Manfaat Bercerita

 

Konsep Dasar Membaca Cerita adalah membangun keterampilan-keterampilan yang penting untuk berhasil dalam membaca, ialah membaca bersama. Membaca kepada siswa memberikan dukungan dalam mengembangkan keterampilan-keterampilan bahasa dan literasi, membuat koneksi-koneksi sosial-emosional dan dalam memberikan pengalaman-pengalaman yang menyenangkan.

Bercerita membantu siswa menjadi pembicara yang baik kreatif. Menggunakan penyampaian cerita, siswa dapat belajar berbicara dengan jelas dengan menggunakan intonasi yang tepat dan meningkatkan keterampilan menyimak. Bercerita harus dirancang dengan baik. Sebelum kegiatan ini, guru harus meminta siswa untuk memilih sebuah cerita yang menarik. Siswa dapat juga diminta untuk menghafal cerita tersebut sehingga mereka dapat lancar berbicara  sewaktu menyampaikan cerita tersebut. Siswa juga dapat diberikan suatu tema yang spesifik atau guru dapat memberikan satu kesempatan bagi siswa untuk berbicara dengan bebas. Ini dapat selanjutnya mengembangkan imajinasi dan kreativitas untuk berkomunikasi secara lisan. Sebagai contoh, sewaktu menyampaikan pengalaman-pengalaman, menggambar, dan kegiatan lain pun dapat digunakan sewaktu menyampaikan cerita tersebut.

Dalam kegiatan membacakan cerita, guru membaca dan siswa mendengar serta merespons terhadap pertanyaan-pertanyaan interaktif. Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mendukung siswa berinteraksi dengan isi dan materi bacaan. Pertanyaan-pertanyaan dimaksudkan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan siswa dalam hal: membuat prediksi, membuat koneksi, meringkas, dan menyimpulkan. Prediksi-prediksi dapat digunakan sebelum membaca guna memprediksi apa isi dari cerita nantinya, juga selagi dalam proses membaca untuk memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya. Membuat koneksi dapat digunakan dalam seluruh proses membaca. Keterampilan-keterampilan meringkas dapat dipraktikkan selagi proses membaca melalui meringkas apa yang telah dibaca, dan pada akhir membaca nyaring. Sebagai contoh, setelah buku telah selesai dibaca dengan nyaring oleh guru, para siswa dapat mengidentifikasi bagaimana cerita tersebut berakhir (membuat kesimpulan).

Kegiatan yang dimaksud dapat dilakukan di kelas rendah, yaitu kelas I sampai kelas III. Melalui pembelajaran bercerita, anak akan memiliki bekal dalam hal berkomunkasi, baik secara tertulis maupun secara lisan. Selain itu pembelajaran bercerita akan dapat mengkontruksi pemikiran siswa. Di sekolah-sekolah mitra USAID PRIORITAS pembelajaran seperti itu dinamakan “membaca bersama”, di mana seorang guru akan membacakan sebuah cerita dengan menggunakan buku besar. Beberapa tahapan dalam membaca bersama yaitu sebagai berikut:

  1. Guru mengenalkan judul, gambar, dan pengarang dari buku tersebut.
  2. Guru memberikan contoh membaca yang baik dan benar dalam pelafalan, jeda, gesture/gerak tubuh, ekspresi, dan juga intonasi.
  3. Melakukan interaksi : Menghentikan membacakan cerita (jangan terlalu sering) untuk:
    1. meminta siswa membuat prediksi kelanjutan cerita (setelah dibaca 1 halaman, pendapat siswa akan kegiatan yang akan dilakukan tokoh cerita berikutnya);
    2. menghubungkan teks dan atau tema yang dibahas  dengan pengalaman siswa atas apa yang sudah mereka baca dan  atau alami sebelumnya;
    3. memberikan pertanyaan tentang makna teks yang dibaca (pemahaman), kosakata baru dan atau sulit, dan tata bahasa;
    4. membantu siswa memperhatikan aspek informasi dan penjelasan atas teks (guru dapat menjelaskan berbagai keterampilan membaca selama proses membaca, misal, kosakata baru, tata bahasa, dll);
    5. memberikan kesempatan siswa untuk  bertanya tentang  kata yang tidak dipahami, isi cerita, dan juga pendapat siswa;
    6. menerapkan  Think Aloud: Guru memodelkan cara merancang pertanyaan tentang kejadian dan tokoh di dalam cerita dan mendorong siswa untuk membuat pertanyaan;
    7. kata sulit yang tidak dipahami siswa tidak selalu  harus dijelaskan secara tuntas, dapat dibawa saat  tahapan membaca berikutnya “Membaca Terbimbing”;
    8. memberikan pertanyaan eksplisit/Tekstual (yang jawabannya ada di dalam teks) dan pertanyaan inferensial (jawaban tidak secara langsung tertulis di dalam cerita) kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu siswa memahami isi cerita)

    Memunculkan adanya respons dari siswa dengan memberikan pertanyaan interaktif (guru dapat menghentikan kegiatan membaca, meminta siswa menyampaikan pemahaman atas bacaan yang didengar, mengklarifikasi dan meluruskan miskonsepsi, dan meminta siswa melakukan prediksi lanjutan atas kelanjutan cerita.)

Kegiatan membaca bersama dapat dilakukan pada jam ke nol atau setelah jam pembelajaran selesai. Kegiatan membaca bersama setiap hari dilakukan di SDN Bangunsari 02, Mejayan. Buku cerita yang digunakan hendaknya variatif, sehingga siswa tidak akan bosan terhadap cerita-cerita yang di dengar. Hal senada juga disampaikan Kepala Sekolah SDN Bangunsari 02, Suparlan, S.Pd., M.Pd. tentang membaca bersama. Membaca bersama menjadi jam tambahan untuk kelas rendah.

Ditulis oleh : SUBANDI, S.Pd ( Guru Kelas VI SDN Bangunsari 02 Kec. Mejayan )

RADAR : ASYIKNYA BERCERITA DI KELAS

 

NEW

June 13th 2018Views 12Comments 0Rating 0
June 8th 2018Views 23Comments 0Rating 0
June 7th 2018Views 18Comments 0Rating 0
June 7th 2018Views 26Comments 0Rating 0
June 6th 2018Views 18Comments 0Rating 0
June 6th 2018Views 21Comments 0Rating 0
June 5th 2018Views 22Comments 0Rating 0
June 5th 2018Views 25Comments 0Rating 0
June 4th 2018Views 23Comments 0Rating 0
June 4th 2018Views 19Comments 0Rating 0
May 31st 2018Views 34Comments 0Rating 0
May 31st 2018Views 23Comments 0Rating 0
May 30th 2018Views 30Comments 0Rating 0
May 28th 2018Views 38Comments 0Rating 0
May 28th 2018Views 24Comments 0Rating 0
May 26th 2018Views 39Comments 0Rating 0
May 25th 2018Views 38Comments 0Rating 0
May 24th 2018Views 69Comments 0Rating 0
May 24th 2018Views 37Comments 0Rating 0
May 24th 2018Views 44Comments 0Rating 0
May 23rd 2018Views 46Comments 0Rating 0
May 22nd 2018Views 42Comments 0Rating 0
May 21st 2018Views 43Comments 0Rating 0
May 17th 2018Views 54Comments 0Rating 0