DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

Seni karawitan dalam membentuk karakter anak di SDN Nglames 01

MADIUN - Sebagai salah satu kegiatan keunggulan ekstrakurikuler seni karawitan dari kelas IV dan kelas V di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Nglames 01, yang mana anak didiknya diharuskan bisa, dan belajar seni karawitan. Selain dapat melestarikan seni budaya indonesia, siswa harus bisa belajar seni karawitan, harapannya kedepan siswa bisa mencintai dan lebih mengenal kebudayaannya sendiri,”semakin cepat mengenalkan kebudayaan itu lebih baik,”tuturnya kepala SDN Nglames 01 Triyono.

Dia mengatakan semenjak lima tahun belakang diadakannya kegiatan ekstrakurikuler kesenian karawitan, selain aktif mengikuti lomba-lomba, SDN Nglames 01 sudah menorehkan banyak prestasi, baik dari kabupaten sampai tingkat provinsi,(konfirmasi kebenaran?) ”alhamdulillah,semoga kedepannya dengan kegigihan siswa untuk belajar bisa meraih di tinggi lagi target kami tingkat nasional,”pungkasnya.

Selain kompetensi akademik yang menjadi fokus utama sekolah, keimanan dan ketakwaan peserta didik akan terus dibenahi. Tak mudah membentuk karakter anak apabila tidak dimulai sejak dini, mengingat perkembangan zaman sekarang ini semakin cepat membuat perilaku anak menjadi terpengaruh. Melalui kegiatan keagamaan berupa pembiasaan pagi hafalan bacaan sholat dan sholat wajib dhuhur berjamaah di sekolah dengan imam guru agama. Tak sampai disitu saja, seusai sholat siswa tidak langsung pulang, tetapi mengikuti tauziah yang disampaikan oleh imam, diharapkan dengan adanya tauziah tersebut dapat membangun mental dan spiritual anak,” Jelasnya Triyono.

Siswa dalam cuitannya, mengaku senang sekolah di SDN Nglames 01, karena selain bisa belajar dengan nyaman dipendidikan formal. Juga dapat berlatih seni karawitan. Mereka tidak menyangka bisa memainkan beberapa alat musik gamelan yang terkesan ruwet,njlimet dan berliku-liku,tetapi terasa indah dan mengasyikkan bila dimainkan.Mereka lebih memilih bermain seni tradisional  ketimbang seni modern, karena lebih mengedepankan rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang sangat kental. Baik Kepala Sekolah maupun pelatih menyatakan rasa bangganya, siswa yang ada di SDN Nglames 01 ini memang memiliki tingkat kecerdasan yang cukup tinggi, mereka mudah memahami not irama gending sekaligus memainkan alat musik karawitan.

RADAR : 05/04/2017 RASA KELUARGA DI SENI KARAWITAN