DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

SD PINGGIR ALAS MENDULANG PRESTASI

SDN Plumpungrejo 04 terletak di Jl. Gebangarum No. 2 Ds. Plumpungrejo Kec. Wonoasri.SD kami yang terletak kira – kira 3km ke arah timur dari pusat pemerintahan kecamatan Wonoasri termasuk SD pinggiran. Akses jalan yang rusak memaksa kami para bapak ibu guru harus berjuang ekstra keras untuk sampai di sekolah tepat waktu. Tetapi hal itu tidak menyurutkan niat kami untuk berjuang dan mengantarkan putra – putri kami mencapai prestasi yang patut dibanggakan.

Baru sekitar 3 bulanan terakhir ini saja kami bisa menikmati akses jalan yang baik. Tetapi ketika masa perbaikan itu berlangsung kami harus melewati jalan memutar melewati hutan yang sangat becek di musim penghujan. Secara otomotis jarak tempuh kami untuk tiba di sekolah semakin panjang.

Berawal dari sebuah pemikiran bagaimana cara memajukan SD yang pinggiran tersebut, Ketika ada pergantian kepala sekolah, terhitung mulai Januari 2015 dibawah kepemimpinan beliau Ibu Yayuk Hardinah, S.Pd kami bertekat untuk mensejajarkan diri dengan sekolah – sekolah lainnya. Letak geografis kami yang di pinggiran hutan ternyata tidak menjadi penghalang buat kami meraih mimpi. Segala rencana kami susun bersama komite sekolah dan wali murid yang kami undang ke sekolah. Kami ajak mereka berbicara, ikut memikirkan perkembangan Sekolah. Dengan fasilitas yang minim bagaimana caranya mengangkat anak – anak ini menjadi lebih semangat lagi dalam mengikuti proses belajar mengajar dan mendulang prestasi membanggakan.Ternyata tujuan kami tersebut tidaklah bertepuk sebelah tangan. Mereka menyambut baik niatan kami tersebut dan siap mendukung segala program baru yang nantinya akan ditawarkan oleh pihak sekolah.

Kegiatan ekstra menjadi daya tarik tersendiri buat siswa dan wali murid. SD kami menawarkan beberapa kegiatan ekstrakurikuler. Yang terbaru dan menjadi gebrakan Ibu Kepala Sekolah yang baru ini adalah ekstrakurikuler Drumband. Antusiasme orang tua dan siswa akan kegiatan yang satu ini mendorong kami untuk lebih semangat dalam latihan. Dengan mendatangkan pelatih dari luar yang tentunya dengan didampingi oleh bapak ibu guru kami tiada lelah latihan dan latihan.

Kejuaraan keluar kami yang pertama adalah ketika kami untuk yang pertama kalinya mengikuti kejuaraan tingkat kabupaten dalam rangka hari jadi kabupaten Madiun. Dengan niat Bismillah membawa nama “ GITA SWARA PINGGIR ALAS” kami bertanding menjadi yang terbaik dalam kejuaraan tersebut. Dalam hati kami berdoa semoga nama pinggir alas ini bisa mengangkat SD kami. Segala upaya kami kerahkan, orang tua siswa kami libatkan. Dan hasilnya sungguh di luar dugaan, pertama kali ikut lomba dan pertama kalinya pula kami menjadi juara 3 lomba drumband tingkat kabupaten Madiuntahun 2015.

SD kami semakin dikenal sebagai SD pinggir alas. Tidak bermaksud menyombongkan diri tapi sekarang semua tahu dengan SD pinggir alas. Kamipun bangga menyandang SD pinggir alas.Tidak berhenti sampai disitu saja, kami juga mempunyai ekstrakurikuler hadroh. Dibawah bimbingan guru agama kami, kegiatan ekstrakurikuler hadroh ini juga memiliki prestasi yang tidak kalah hebatnya. Salah satunya kami menjadi juara 3 lomba hadroh se-Madiun utara tahun 2015.

Seiring dengan semakin banyaknya prestasi yang kami torehkan kamipun semakin mendapat perhatian. Kami mulai berbenah, sarana prasarana pendukung pembelajaran mulai diperbaiki. Ruangan kelas, perpustakaan, pagar sekolah menjadi target renovasi. Hal ini tidak lain dan tidak bukan demi proses belajar mengajar yang aman, nyaman dan kondusif. Dan tidak lepas pula perhatian dari pihak – pihak yang terkait.

Di bidang lomba bercerita dan baca puisi, kamipun mempunyai jagoan – jagoan yang bisa diandalkan. Ananda Azizah Rohmania pernah menjadi juara harapan 3 lomba bercerita tingkat kabupaten Madiun yang diselenggarakan di kantor perpustakaan kabupaten tahun 2015 yang lalu.

Dalam lomba baca puisi Ananda Muhammad Miftakhul Anwari pernah menjadi juara 2 lomba baca puisi tingkat kabupaten Madiun tahun 2016, dan yang terbaru di tahun 2017 ini ananda Muhammad Miftakhul Anwari menjadi juara 1 lomba baca puisi tingkat kecamatan dan berhak mewakili kecamatan Wonoasri di tingkat Kabupaten.Untuk puisi ini langsung dibimbing sendiri oleh Ibu Yayuk Hardinah yang memang sudah berpengalaman dalam lomba baca puisi. Selain itu kami juga melakukan regenerasi untuk menggantikan mereka – mereka yang nantinya akan meninggalkan bangku SDN Plumpungrejo 04. Mulai awal kami melatih anak – anak yang masih kelas 3 dan 4 yang sekiranya memiliki potensi untuk kami latih.

Setiap tahunnya kami memiliki agenda rutin yaitu peringatan hari kartini. Dalam acara inilah kesempatan emas buat kami untuk menjaring bibit – bibit unggul lewat lomba yang kami adakan. Diantaranya adalah lomba baca puisi. Bekerjasama dengan guru Bahasa Indonesia dan petugas perpustakaan kami mengadakan lomba menulis puisi yang mana hasil terbaik akan dibacakan pada saat lomba baca puisi tersebut.

Adalagi ekstra pramuka yang kami adakan setiap hari jum’at sore. Melatih anak menjadi pribadi yang mandiri dan berkarakter menarik anak - anak untuk mengikuti ekstra wajib ini. Kecenderungan anak untuk suka dengan sesuatu yang baru dan permainan baru menjadi daya tarik dari ekstra yang satu ini. Sekali tempo kami ajak anak – anak ini keluar untuk berinteraksi dengan warga secara langsung. Hal ini bertujuan untuk melatih keberanian anak dan melatih mental anak agar lebih percaya diri. Meskipun itu hanya sekedar melakukan wawancara langsung dengan masyarakat tentang tanggapan mereka tentang kegiatan ekstra pramuka. Secara tidak langsung kamipun dari pihak sekolah mengetahui tentang tanggapan dan masukan masyarakat tentang program – program yang kami tawarkan, khususnya kegiatan sekolah.Masukan langsung dari anak dan orang tua ini akan menjadi landasan kami untuk menyusun program sekolah dimasa yang akan datang.

Di bidang akademik yang terbaru kami menjadi juara tiga dalam lomba MIPA tingkat kecamatan Wonoasri atas nama Ananda Nurlaili Maslikah. Perlahan tapi pasti kami melakukan perbaikan di segala lini. Kami tidak hanya mengejar prestasi non akademik tetapi juga prestasi akademik. Kami ingin menepis anggapan bahwa SD pinggir alas tidak bisa berprestasi. Kami mengadakan bimbingan lomba setiap hari sabtu kepada anak- anak yang memang secara akademik mumpuni dan bisa diandalkan. Kami melakukan jauh – jauh hari sebelum lomba jadi ketika menghadapi lomba, anak – anak pilihan ini benar – benar telah siap dan dijagokan.

Dua kali sekolah kami menjadi sekolah inspirasi, yang pertama tahun 2014 dan yang kedua di tahun 2015 kemarin. Mereka para inspirator yang memang sudah ahli di bidangnya masing – masing memotivasi anak – anak kami untuk mengejar mimpi setinggi – tingginya. Jangan takut untuk bermimpi meskipun kita jauh dari keramaian kota dan hanya berteman dengan alam yang telah memanjakan kita dengan segala hasil hutannya.Mereka membuka wawasan putra – putri kami bahwa begitu banyak profesi yang ada di sekitar kita. Tidak melulu guru, polisi, tentara ataupun profesi lainnya yang memang kalau kita tanyakan ke anak didik kita jawabannya yaitu – itu saja. Sungguh pengalaman yang berkesan dan tidak akan terlupakan bagi para anak didik kami.

Tidak berhenti sampai disitu di Bidang olah raga dan Seni beberapa prestasi sudah ditorehkan oleh siswa –siswi SDN Plumpungrejo 04 selama kurang lebih 2 tahun kepemimpinan beliau Ibu Yayuk Hardinah, S.Pd. Diantaranya :

-          Juara 1 Lomba lari POR Tingkat Kec. Wonoasri Tahun 2015

-          Juara 2 Lomba lari O2SN Tingkat Kec. Wonoasri Tahun 2017

-          Juara Harapan 2 Lomba baca puisi Tingkat Kec. Wonoasri Tahun 2017

-          Juara Harapan 2 Lomba seni patung Tingkat Kec. Wonoasri Tahun 2017

Yang terakhirdengan Visi : “SIAP MEMBINA KARAKTER BERADAB DAN BERBUDAYA BERDASAR PANCASILA” SDN PLUMPUNGREJO 04 “SDN Pinggir Alas” siap untuk mendulang prestasi yang lebih gemilang lagi.

OLEH : UMY HANIK, S.Pd

GTT di SDN Plumpungrejo 04 Kec. Wonoasri Kab. Madiun

RADAR : SEKOLAH PINGGIR HUTAN PRESTASI JEMPOLAN

 

NEW

November 17th 2017Views 1Comments 0Rating 0
November 16th 2017Views 2Comments 0Rating 0
November 14th 2017Views 13Comments 0Rating 0
November 13th 2017Views 13Comments 0Rating 0
November 10th 2017Views 21Comments 0Rating 0
November 9th 2017Views 15Comments 0Rating 0
November 9th 2017Views 14Comments 0Rating 0
November 8th 2017Views 16Comments 0Rating 0
November 7th 2017Views 18Comments 0Rating 0
November 6th 2017Views 15Comments 0Rating 0
November 4th 2017Views 15Comments 0Rating 0
November 2nd 2017Views 23Comments 0Rating 0
November 1st 2017Views 22Comments 0Rating 0
October 31st 2017Views 26Comments 0Rating 0
October 30th 2017Views 25Comments 0Rating 0
October 30th 2017Views 26Comments 0Rating 0
October 27th 2017Views 37Comments 0Rating 0
October 27th 2017Views 28Comments 0Rating 0
October 23rd 2017Views 37Comments 0Rating 0
October 23rd 2017Views 28Comments 0Rating 0
October 23rd 2017Views 28Comments 0Rating 0
October 19th 2017Views 25Comments 0Rating 0
October 18th 2017Views 34Comments 0Rating 0
October 13th 2017Views 57Comments 0Rating 0
October 11th 2017Views 39Comments 0Rating 0