DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

NGAJI MORNING MENUMBUHKAN RASA KANGEN ANAK DIDIK

Pembiasaan NGAJI MORNING (Tadarus) SDN Sukorejo 01, Saradan telah menumbuhkan rasa kangen anak didik. Setiap hari Selasa, Kamis,dan Jumat jam 06.45 WIB sampai dengan jam 07.00 WIB setiap siswa masing-masing kelas tadarus. Kelas 1 sampai kelas 3 tadarus Iqra’ sedangkan kelas 4 sampai kelas 6 tadarus Al-Quran. Secara bergantian diwakili kelas 5 dan kelas 6 tadarus di teras sekolah dengan pengeras suara agar dapat disimak oleh masing-masing kelas. Setiap kelas dibimbing oleh guru kelas. Guru agama Islam mendampingi di depan. Siswa yang non Islam tetap membaca kitabnya masing-masing.

Ngaji Morning dilakukan siswa dan guru SDN Sukorejo 01 dengan senang dan ikhlas sehingga anak didik merasa kangen untuk datang ke sekolah.Rasa kangen anak didik untuk datang ke sekolah merupakan modal yang baik untuk siswa dalam belajar. Anak didik datang tepat waktu  tidak ada yang terlambat sehingga disiplin siswa juga tercapai.Disiplin dan kangen ke sekolah bagi anak didik berdampak positif terhadap pretasi belajar. Prestasi anak didik, guru, dan kepala sekolah.

Wali murid juga sangat antusias dengan pembiasaan Ngaji Morning ini. Hal ini terbukti dengan jumlah anak didik yang mendaftar mengalami peningkatan. Data tahun pelajaran 2014/2015 kelas I ada 16 siswa, 2015/2016 ada 26 siswa, dan 2016/2017 sejumlah 40 siswa.