DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

KARTINIAN : UPT PENDIDIKAN KECAMATAN GEGER

Pada hari Jum’at tanggal 7 April 2017 Darma Wanita Persatuan UPT Pendidikan TK dan SD Kecamatan Geger telah mengadakan kegiatan lomba tradisional dalam rangka memperingati hari Kartini yang bertempat di halaman kantor Kecamatan Geger.

Acara dihadiri oleh Ketua dan pengurus Darma Wanita UPT Pend. TK dan SD Kecamatan Geger, Bapak Camat Geger beserta staf, Kepala UPT beserta staf, Kepala sekolah SD se-Kecamatan geger beserta 2 orang anggota Darma Wanita.

Sebelum kegiatan lomba dimulai diadakan upacara pembukaan yang disusun sebagai berikut : 1. Pembukaan, 2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Darma Wanita, 3 Sambutan-sambutan, 4. Do’a, 5. Penutup

Acara dibuka dengan bacaan Basmalah yang dipimpin oleh ibu Surati, S.Pd kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Darma Wanita yang dipimpin oleh ibu Yun Sukartiningsih, S.Pd kepala SDN Klorogan 02.

Sambutan pertama disampaikan oleh kepala UPT Pend. TK dan SD Kec. Geger Bapak Nuryono, S.Pd.I dalam sambutannya beliau mengucapkan banyak terima kasih kepada ketua beserta pengurus Darma wanita persatuan atas terlaksananya acara ini juga ucapan terima kasih disampaikan kepada Bapak Camat beserta staf atas kerjasamanya ikut serta memeriahkan dan memberikan fasilitas tempat dan lainnya.

Sambutan kedua disampaikan oleh Ketua Darma Wanita ibu Lilik Nuryono dalam sambutannya beliau mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran anggota Darma Wanita dan semua pihak yang terlibat dalam mensukseskan pelaksanaan acara ini. Ibu ketua juga menyampaikan bahwa pertemuan Darma Wanita yang mempunyai agenda dan dilaksanakan secara rutin setiap bulan. untuk bulan april ini dikemas dengan pertemuan outdoor/ diluar ruangan agar tidak jenuh dengan harapan antara pengurus dan anggota bisa lebih akrab, kompak, seperti harapan beliau. Peringatan hari Kartini juga merupakan agenda rutin tiap tahun dan untuk kali ini diperingati lebih awal yaitu tanggal 7 April 2017. Namun demikian tidak mengurangi makna dari hari kartini itu sendiri yang menjadi sebuah momen penting dalam sejarah pendidikan Indonesia. Tidak hanya untuk perjuangan hak perempuan, namun juga menjadi inspirasi dalam dunia pendidikan. Betapa besar jasa R.A. Kartini dalam memperjuangkan hak kaum hawa untuk memiliki hak yang sama dengan kaum adam.

Kartini adalah sosok wanita mandiri yang sejak kecil telah ditempa dalam berbagai keadaan seperti sejak kecil telah belajar menjadi kakak bagi adik adiknya sekaligus berperan menggantikan peran ibunya dalam hal menjaga dan membimbing adik adiknya semasa sekolah atau belajar ia sangat besemangat sekali belajar baik ilmu secara umum maupun lmu agama. Dalam hal ini ayahnya khusus mendatangkan seorang guru agama Islam dan seorang Belanda untuk mengajari anak anaknya utamanya Kartini dalam hal ilmu agama dan pengetahuan umum.

Setelah masa pingitan tiba kartinipun berhenti sekolah namun ia tak putusasa sampai disitu di tulislah surat surat kepada teman temanya di negri belanda yang kumpulan surat tersebut dikenal sebagai habis gelap terbitlah terang juga ketika beasiswa datang ia terlanjur dipinang bupati rembang maka ia meminta kepada suami tercinta untuk membantu kaum hawa agar derajatnya sama dengan kaum adam dengan cara memberikan bekal ilmu dan pengetahuan lewat sekolah yang ia dirikan dan kelola bernama sekolah keutamaan putri yang pada akhirnya sebelum beliau sempat mengenyam hasil jerih payahnya maut telah menjemput beliau pada usia 25 tahun.

Hal ini memberikan contoh dan inspirasi bagi kita generasi penerusnya untuk lebih berusaha sebaik baiknya dalam hal belajar dan mentrasfer ilmu pegetahuan tanpa ragu akan umur dan rintangan  juga dalam hal memperjuangkan kesamaan gender yang pada masa ini sangat jauh beda keadaanya dengan masa Kartini yang penuh kungkungan, tekanan dan penderitaan.

Atas perjuangan Kartinilah sekarang dijaman kemerdekaan dan kemenangan emansipasi kaum wanita memiliki kesamaan derajat, jabatan  dan pangkat dalam berbagai hal.

Peringatan Kartini pada hari ini akan dimeriahkan dengan berbagai lomba tradisional yang diikuti oleh semua anggota Darma Wanita UPT Pendidikan Kec. Geger yang hadir Antara lain: lomba senam, lomba memasukan paku dalam botol, kelereng di atas sendok, dan gendong rinjing.

Setelah sambutan-sambutan selesai dilanjutkan dengan Do’a dan penutup kemudian dilanjutkan dengan kegiatan lomba-lomba.

Lomba yang pertama dilaksanakan adalah lomba senam dimana semua peserta diamati dan dinilai gerakannya oleh dewan juri. Sebelum senam dimulai peserta dibagi menjadi 6 kelompok sesuai gugus tiap gugus terdiri dari 5-7 lembaga Sekolah Dasar. Dalam lomba senam semua perserta dengan semangatnya mengikuti gerakan-gerakan instruktur. Sebagai penilaian setiap yang bersemangat dan luwes mengikuti gerakan instruktur senam aerobik maka kepadanya sebuah door prize akan menjadi miliknya.

Lomba berikutnya dilaksanakan secara bersamaan yang tiap peserta bisa memilih lomba yang akan diikuti secara bergantian. Bagi peserta yang menang dalam setiap perlombaan akan langsung mendapatkan door price yang telah disediakan.

Door price – door price tersebut berasal dari setiap lembaga Sekolah Dasar se-kecamatan Geger berupa barang yang bentuknya dipilih sendiri oleh lembaga tersebut. Semua peserta menikmati setiap kegiatan perlombaan dengan santai dan bahagia. Utamanya bagi peserta yang berkesempatan mendapatkan Door price amat sangat bahagia terpancar dari wajah-wajah mereka yang bersinar sinar bahagia.

Selain perlombaan yang berlangsung juga diadakan bazar  dalam hal ini di wakili oleh SDN kertosari 02 menampilkan berbagai macam sayur mayur, lauk pauk dan aneka juice kebutuhan tubuh sesuai standart gizi keluarga. Barang-barang yang didasarkan laris manis dibeli para peserta dan pengunjung perlombaan. Sebagai hiburan untuk menghilangkan penat dan lelah peserta lomba, panitia menghadirkan satu group elekton untuk berkaraoke bersama. Beberapa peserta dan pengurus darma wanita persatuan  juga menyumbangkan suara emasnya.

Di penghujung acara peringatan hari Kartini tahun 2017 ini dilaksanakan foto bersama. Yang dalam hal ini diikuti seluruh peserta, panitia, pengurus juga tamu Undangan. Dalam hal ini menambah suasana lebih meriah penuh keakrapan dan kekeluargaan sebagai wahana menyambung tali silaturrohim antara para anggota dan pengurus darma wanita persatuan UPT pendidikan Kec. Geger Kab. Madiun. Makna yang terkandung dalam peringatan kali ini kaum wanita harus mampu menjadi teladan bagi putra putrinya baik di rumah maupun dimana pun ia berada dan selalu menjaga tali silaturrohim dimanapun ia menerima tugas sebagai seorang pendidik.

RADAR : NUANSA 17-AN DI HARI KARTINI (26 APRIL 2017)

 

NEW

December 11th 2018Views 1Comments 0Rating 0
December 9th 2018Views 5Comments 0Rating 0
December 9th 2018Views 4Comments 0Rating 0
December 9th 2018Views 4Comments 0Rating 0
December 7th 2018Views 7Comments 0Rating 0
December 5th 2018Views 9Comments 0Rating 0
December 4th 2018Views 11Comments 0Rating 0
December 4th 2018Views 14Comments 0Rating 0
December 4th 2018Views 12Comments 0Rating 0
December 4th 2018Views 19Comments 0Rating 0
December 3rd 2018Views 11Comments 0Rating 0
December 3rd 2018Views 16Comments 0Rating 0
December 1st 2018Views 14Comments 0Rating 0
November 30th 2018Views 14Comments 0Rating 0
November 29th 2018Views 16Comments 0Rating 0
November 27th 2018Views 14Comments 0Rating 0
November 27th 2018Views 13Comments 0Rating 0
November 27th 2018Views 11Comments 0Rating 0
November 27th 2018Views 12Comments 0Rating 0
November 27th 2018Views 11Comments 0Rating 0
November 27th 2018Views 11Comments 0Rating 0