DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ

WONOASRI – Tahfidz juz’amma merupakan salah satu program unggulan SDN Purwosari 01 Kec. Wonoasri. Program ini merupakan salah satu implementasi dari tujuan pendidikan Nasional yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 Bab XII Pasal 31 Ayat (1) disebutkan “Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan  undang-undang”.Alhamdulillah program tahfidz Juz ‘Ammasudah berjalan 1 tahun lebih. Metode yang digunakan adalah metode Jibril “Guru melafalkan ayat  diikuti siswanya setelah itu siswa mengulang-ngulang sesuai yang diajarkan guru”.Kegiatan tahfidz ini dilaksanakan setiap pagi yang dikhususkan untuk hafalan, kemudian hari Sabtu setelah KBM masing-masing siswa menyetorkan buku tahfidznya kepada Bp. Arifin, S.Pd.I selaku guru PAI. Untuk kegiatan agama kristen peserta didik dibimbing oleh Ibu Dheny Setyowati, S.Pd selaku guru agama kristen di SD Purwosari 01 .

Program tahfidz juz ‘amma bertujuan untuk menanamkan kecintaannya peserta didik pada Al-Qur’an dan mencetak generasi yang Qur’ani, dengan adanya program tahfidz  diharapkan dapat menjadi bagian yang menyatu dalam perilaku siswa sehari-hari dalam lingkungan sekolah atau masyarakat.

Selain program tersebut SDN Purwosari 01 juga menerapkan ekstrakurikuller seperti Karate, Qiro’ah / Seni Baca Al Qur’an, Hadrah, Drumband, Pramuka dan Seni Tari Jaranan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Banyak prestasi yang diraih SDN Purwosari 01selama tahun 2017 diantaranya :

  1. Juara 1 karate putri tingkat kabupaten
  2. Juara 2 siswa berprestasi tingkat kecamatan
  3. Juara 2 seni patung tingkat kecamatan
  4. Juara 2 olimpiade MIPA  tingkat kecamatan
  5. Juara 2 lomba puisi tingkat kecamatan

InsyaaAllah dalam tahun ini untuk karate putri akan mewakili kabupaten Madiun ketingkat Profinsi Jawa Timur.

“Walaupun SDN Purwosari 01 merupakan SD umum, kita tetap mengedepankan pendidikan keagamaan.”Kata Hj. Sulistya Rahayu, M.Pd selaku Kepala Sekolah. Ada pepatah mengatakan “ Ilmu tanpa Iman akan Luntur, Iman tanpa Ilmu akan Nglantur.” Oleh karena itu pelajaran umum dan agama harus berjalan secara seimbang.

            Untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut kita juga membiasakan murid-murid untuk sholat dhuha dan dhuhur jama’ah di sekolahan.

Kepala Sekolah : Hj. SULISTYA RAHAYU, M.Pd

Penulis: DWI ANWAR, S.PdSDN PURWOSARI 01, Kec. Wonoasri

RADAR : METODE JIBRIL BIKIN PINTAR BACA ALQURAN 2 MEI 2017