Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

MENGASAH KREATIFITAS SISWA DENGAN BELAJAR MEMBATIK

Membatik sudah tidak asing lagi bagi kita semua, karena batik sudah ada sejak jaman nenek moyang kita bahkan sekarang telah menjadi icon sebagian  daerah dari bangsa Indonesia. Untuk itu memasukkan kegiatan membatik dalam materi pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK). Tentu saja pelajaran yang sangat digemari oleh siswa. Merupakan kegiatan/pelajaran yang menantang, karena hampir setiap sekolah, SBK menampilkan menggambar atau menyanyi saja. Sehingga pelajaran membatik seakan terasa menggairahkan.

Untuk meningkatkan kompetensi guru SBK, Bu Kuswati, S.Pd. selaku Kepala SDN Mruwak 02 menugaskan salah satu guru SBK untuk belajar membatik di BATIK RETNO DUMILAH yang diasuh Ibu Siti Qomariyah pada tahun 2012. Dengan bekal itulah anak-anak diajari untuk ketrampilan batik, bagaimana cara menggambar di media kain, cara mencanting, teknik mewarna sampai selesai menjadi hasil karya, seperti batik taplak meja dan SDN Mruwak 02 satu satunya SD di Kecamatan Dagangan yang mengajarkan Ketrampilan membatik.

Tanggal, 25 April 2015 guru SBK SDN Mruwak 02 di mewakili oleh Ibu Lilik Suheni dan Ibu Wahyu Indah Triyani dalam Lomba Membatik Motif Khas Kabupaten Madiun mewakili Dharma Wanita UPT Pendidikan TK dan SD Kecamatan Dagangan yang diselenggarakan Dharma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun dalam rangka memperingati Hari Kartini, telah berhasil meraih Juara Harapan III. Alhamdulillah, walaupun juara harapan namun mereka telah mampu terpilih diantara guru SBK ditingkat SD,SMP dan SMA/SMK se-Kabupaten Madiun.

Demikian sekilas info tentang keterampilan batik di SDN Mruwak 02

SDN MRUWAK 02 KECAMATAN DAGANGAN KAB. MADIUN

Nama Kepala Sekolah : KUSWATI, S.Pd, Nama Penulis : LILIK SUHENI, S.Ag

RADAR : AJAK SISWA TERAMPIL MEMBATIK 16 MEI 2017