Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

PRAMUKA DI TENGAH DESA WISATA

Dalam kegiatan pramuka, kurang lengkap rasanya jika tak ada momen- momen yang sulit dilupakan siswa nantinya. Oleh karena itu, di setiap kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SDN Kresek 01 selalu diisi dengan jam khusus permainan yang bisa menjadi pengalaman seru dan tak terlupa bagi siswa. Hal tersebut juga didukung oleh Kepala SDN Kresek 01 Djarwoto. Menurutnya, kegiatan pramuka harus diadakan dengan kegiatan yang menyenangkan bagi siswa, karena pramuka merupakan sarana pembentukan karakter siswa.

Salah satu kegiatan permainan yang kita lakukan adalah “Estafet Air”. Permainan ini bertujuan untuk menciptakan kerjasama regu, mengatur cara kerja yang efektif, serta meningkatkan kekompakan antar anggota dan seluruh anggota regu. Permainan ini menggunakan alat yang mudah didapatkan di sekitar yaitu botol, ember, dan gelas aqua kecil.

Lokasi SDN Kresek 01 yang berada di Desa Kresek Kec. Wungu yang lebih dikenal sebagai desa wisata Kabupaten Madiun, memberikan kemudahan bagi kita untuk mengadakan kegiatan Ekskul pramuka di luar lokasi sekolah. Salah satu lokasi favorit tujuan kita adalah Monumen Kresek. Kegiatan pramukapun menjadi lebih seru dan mengasyikkan bagi siswa. Sambil berjalan menuju lokasi, tak lupa siswa memungut sampah yang mereka temui sepanjang perjalanan dan dimasukkan ke plastik sampah yang telah mereka bawa. Bagi kita perilaku hidup bersih adalah hal yang penting kita terapkan pada siswa  dan merupakan perwujudan dari Dasa Darma yaitu”Cinta alam dan kasih saying sesame manusia. Selain itu, kita juga ikut menjaga kebersihan desa kita agar lebih menarik minat pengunjung berwisata ke Desa kresek.

Kelebihan lain pramuka di tempat wisata Monumen Kresek yaitu kita juga bisa belajar tentang sejarah PKI di Madiun dan mengetahui korban dari keganasan PKI tahun 1948. Selain itu, juga membimbing siswa untuk lebih menghargai jasa para pahlawan bangsa serta lebih mencintai Negara Indonesia ini.

NAMA PENULIS                              : YENI, S.Pd

NAMA KEPALA SEKOLAH          : DJARWOTO, S.Pd

RADAR : MOMEN SPECIAL DI PRAMUKA 16 MEI 2017