DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

MENANAMKAN JIWA WIRAUSAHA SEJAK DINI

Alangkah hebatnya jika bisa mencetak generasi yang mempunyai jiwa wira usaha pada anak sejak dini. Sehingga bisa menanamkan pola pikir sebagai generasi mandiri yang kelak bisa menciptakan lapangan pekerjaan bukan sekedar pencari kerja.

Seperti yang kita pahami bersama, keberhasilan pendidikan tidak hanya ditentukan oleh proses pendidikan di sekolah dan tersedianya sarana dan prasarana saja, tetapi juga ditentukan oleh lingkungan keluarga dan masyarakat. Karena itu pendidikan adalah tanggung jawab kita bersama. Peran serta aktif dan kedekatan pendidik peserta didik dan masyarakat sangatlah penting untuk menunjang kemajuan pendidikan itu sendiri.

 Pemerintah sekarang sedang giat-giatnya mempromosikan program ekonomi kreatif yang berbasis pada kearifan lokal dan potensi daerah yang terbukti mampu bertahan pada pesaingan ekomi global. Oleh karena itu sekolah perlu memupuk jiwa kreatifitas anak yang mengacu pada potensi local daerah masing-masing.

Dengan modal pamor menterang di kawasan Madiun selatan sebagai desa sentra industry penghasil tempe kripik, kami berfikir perlu sekali mendukung keberhasilan tersebut dengan mananamkan jiwa cinta kearifan lokal pada anak didik kami sehingga kelak mereka dapat mewarisi keberhasilan desa mereka dan mengharumkanya.

Membuat olahan ‘ tempe keripik’ terdengar sepele memang, tapi itu merupakan kompetensi ‘special’ yang kami berikan kepada anak didik kami siswa kelas V. Mendompleng pelajaran SBK atau Seni Kebudayaan Dan Keterampilan, kami mengajarkan bagaimana proses pembuatan Tempe Kripik Slambur yang tersohor itu. Sebenarnya bagi anak-anak itu bukan hal yang asing karena membuat tempe adalah kegiatan harian mereka di rumah, kata Bu Tumini,S.Pd Kepala SD Negeri Slambur. Namun kami ingin menanamkan rasa bangga kepada anak-anak untuk berkarya mengembangkan potensi lokal mereka agar mereka tidak malu dengan usaha yang sekarang menjadi mata pencaharian orang tua mereka., tambah beliau.

Dengan kompetensi “Special” yang kami berikan itu kami berharap menambah keragaman ekstrakurikuler yang sudah ada di sekolah kami. Berbagai ekstra seperti Pramuka Hadrah BTA B3 dan olah raga yang kami selenggarakan tentunya akan lebih lengkap dengan tamnbahan kompetensi ini. Kami berharap anak-anak kelak setelah lulus memiliki setidaknya ketrampilan yang bisa mereka kembangkan sendiri di kehidupan mereka”. (TITIS PUJI LESTARI)

RDR : LAHIRKAN WIRAUSAHA MUDA, KEMBANGKAN POTENSI LOKAL 24 MEI 2017.