DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

Penanaman Nilai Budaya Indonesia di Sekolah

Pelestarian budaya bangsa seyogyanya tidak hanya dilakukan oleh pemerintah dan orang dewasa saja, anak-anak sebagai generasi penerus bangsa adalah salah satu kunci utama dalam tokoh pelestari kebudayaan.Agar para kawula muda mau melestarikan budayanya maka mereka harus menyukai budaya tersebut, sehingga sedari kecil perlu diperkenalkan dengan budaya asli Inodenesia salah satunya melalui kegiatan ekstrakulikuler di sekolah.

Menanggapi hal ini di SDN Sugihwaras 07 mengadakan suatu kegiatan ekstrakulikuler “SUGITU” yang berarti Sugihwaras Pitu yang mengenalkan dan mengajarkan para siswa tentang music tradisional Jawa yaitu  Gamelan. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Sabtu pukul 10.00 WIB di SDN Sugihwaras 07 dengan jadwal yang bergantian setiap minggunya dari kelas satu hingga kelas enam SD .Antusiasme dari para siswa mengikuti kegiatan ini cukup baik dengan banyaknya siswa yang hadir setiap pertemuan . Alat musik yang dimainkan antara lain saron, gong, kenong, dan bonang, sedangkan untuk siswa yang tidak memegang alat music mereka menyanyikan lagu tembang Jawa. Ekstarkulikuler SUGITU ini dibina oleh Bu Partini dan Bu Rini Susilowati yang merupakan pengajar di SDN Sugihwaras 07,  alas an kedua Pembina ini dengan semangat mengajari para murid untuk belajar music tradisional adalah untuk membentuk generasi muda yang mencintai budaya bangsa Indonesia sebagaimana tutur Bu Rini, “Generasimudasebagaipenerusbangsainiharusmencintaibudaya Indonesia sejakkecil, biarnantikalausudahjadi orang suksestetapbiasmelindungibudaya Indonesia terutamabudayaJawainisupayatidakhilangterkikisjaman”.

Kegiatan ekstrakulikuler ini tidak hanya sekedar berlatih setiap minggunya tetapi para siswa hasil binaan SUGITU juga sering menunjukkan aksi mereka pada event sekolah seperti pada saat Pelepasan Siswa dan juga kegiatan  di Desa Sugihwaras salah satunya pagelaran wayang yang diadakan setiap bersih desa.

Nama Kepala Sekolah :Sukarlik. S. Pd

Penulis :HendikEkoPratantoS.Pd

RDR : CINTA BUDAYA BERMULA DARI GAMELAN