DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

PANJAK CILIK

Masih kecil tapi punya semangat yang luar biasa, siswa-siswi yang masih duduk dikelas 3 dengan semangat dan antusias belajar karawitan. Tanpa mengesampingkan pendidikan formal sekolah kami selalu berupaya menggali semua potensi yang ada pada peserta didiknya. Dengan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler kami berarap semua siswa dapat memilih kegiatan sesuai dengan minat dan bakat yang ada pada masing-masing anak.  Berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekola kami seperti : pramuka, dongkrek, hadroh, baca tulis Al-Quran, olaraga, karawitan. Kegiatan ekstrakurikuler tersebut  sangat diminati anak-anak dan  kegiatan tersebut akan terus dikembangkan dan tentunya akan menambah  kegiatan - kegiatan yang lain untuk menampung dan menggali potensi-potensi lain yang ada pada anak.

Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang paling diminati anak yaitu karawitan. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya jumlah  perserta yang ikut dalam kegiatan ini.  Kegiatan yang diikuti mulai dari siswa-siswi kelas 3 ini selalu ramai dan menjadi hiburan tersendiri tanpa mengganggu kegiatan belajar mengajar. Dengan dipandu oleh seorang guru yang terampil anak-anak sangat menikmati kegiatan karawitan tersebut layaknya seorang “panjak” profesional yang mampu melantunkan tembang-tembang jawa dengan iringan yang memanjakan telinga pengdengar.

 Dengan tujuan mengenalkan budaya lokal  kepada anak didik sedini mungkin kami berharap mereka dapat mengenal secara langsung tentang budayanya sendiri dan kami berharap kelak  mereka bisa melestarikan budaya lokal tersebut di era modernisasi sehingga budaya lokal akan selalu eksis ditengah perkembangan jaman yang semakin maju disamping itu dengan adanya kegiatan karawitan ini kami bisa menyalurkan bakat siswa yang selama ini terpendam, ( Warsito, S.Pd)

SDN Ngampel 01

Kepala sekolah : ASWARI S.Pd,  Guru : warsito, S.Pd

RDR : KARAWITAN JADI PRIMADONA 12 JUNI 2017