DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

MEMBANGKITKAN BAKAT TERPENDAM

Pendidikan karakter dimulai sejak anak usia dini. Salah satu pendidikan karakter yang dilaksanakan di SD Jiwan 02 adalah rasa cinta terhadap tanah air dan budaya bangsa adalah dengan ekstrakurikuler karawitan. “Kegiatan karawitan Jiwanda Laras memang ditujukan supaya anak dapat mencintai budayanya, selain itu untuk mengembangkan jiwa seni anak”, ungkap Kepala SD N Jiwan 2 Sarjono.

Karawitan Jiwan 2 diberi nama JIWANDA LARAS. Jiwanda Laras dipandu langsung oleh bapak Jiyono, yang juga guru olahraga SD N Jiwan 02. Ekstrakurikuler karawitan dilaksanakan  setiap hari Sabtu yang diikuti siswa mulai dari kelas satu sampai kelas VI. “Ekstrakurikuler karawitan sudah menjadi ciri khas dari SDN Jiwan 2. Siswa Jiwan 2 tidak hanya pandai dalam pelajaran, tetapi juga mampu melestarikan budayanya”, tutur bapak Jiyono selaku pembina ekstrakurikuler karawitan.

Selama mengikuti kegiatan karawitan, siswa diajarkan cara memainkan gamelan, cara melagukan berbagai tembang macapat dan tembang Jawa lainnya, serta berlatih kesenian Dongkrek. Hal ini bertujuan supaya anak juga ikut mengenal dan melestarikan budaya di daerahnya. SD N Jiwan 2 mempunyai Lab Karawitan yang berisi gamelan lengkap untuk menunjang kegiatan siswa.

Karawitan SD Jiwan 2 sudah dikenal luas di kalangan masyarakat kecamatan Jiwan, terbukti dengan Karawitan Jiwanda Laras sering diundang ke berbagai acara, misalkan pernikahan, khitanan, dan acara yang lain. Dalam hal prestasi, Jiwanda Laras meraih prestasi juara III Festival Karawitan HUT Kabupaten Madiun pada tahun 2012, dan juara III Festival Dongkrek HUT Kabupaten Madiun tahun 2015.

Unggul dalam berkesenian, bukan berarti SD N Jiwan 2 kalah dalam prestasi kegiatan yang lain. SDN Jiwan 2  juga meraih berbagai prestasi dalam bidang olahraga. “Gemar berolahraga harus kita tanamkan kepada anak sejak kecil, karena dengan gemar berolahraga, badan akan sehat, prestasi kita dapat”, kata kepala SD N Jiwan 2 bapak Sarjono.

Penunjang dalam kegiatan ekstrakurikuler olahraga, sekolah menyediakan dua ruang khusus olahraga, satu ruangan berisi berbagai alat olahraga, dan satu ruangan untuk kegiatan tenis meja serta catur. Hasil yang diraih, SD N Jiwan 2 keluar sebagai juara I tenis meja tingkat Kecamatan Jiwan tahun 2015, juara I lari 1000 meter tingkat kecamatan Jiwan tahun 2015, juara I sepak takraw tingkat kabupaten Madiun tahun 2015, juara III taekwondo tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2016, dan masih banyak kejuaraan lainnya. Selaras dengan kata bapak Sarjono, “ setiap anak punya bakat, setiap anak istimewa, SD jiwan 2 siap mendongkrak prestasi siswa siswinya, bukan hanya pandai dalam pelajaran, tetapi juga berprestasi dalam olahraga dan seni”.

DAFTAR PRESTASI SDN JIWAN 02

NO

KEJUARAAN

TINGKAT

TAHUN

 

Juara III Festival Dongkrek HUT Kabupaten Madiun

Kabupaten

2016

 

Juara I Tenis Meja O2SN

Kecamatan

2015

 

Juara III Tenis Meja  O2SN

Kabupaten

2015

 

Juara I Lari 1000 Meter POR

Kecamatan

2015

 

Juara I Sepak Takraw POR SD

Kabupaten 

2015

 

Juara I Taekwondo

Kabupaten

2016

 

Juara III Taekwondo

Provinsi Jatim

2016

 

Juara I Lari 1200 Meter Putra

Kecamatan

2016

 

Juara II Olimpiade Siswa Berprestasi

Kecamatan

2016

PNLS  Manik Wahyu Nitisari, S. Pd, KS: Drs. Sarjono

RDR : RAIH PRESTASI LEWAT EKSKUL (10 AGUSTUS 2017)