DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

KARAWITAN

 

Seni karawitan selama ini identik dengan kesenian yang disukai oleh orang tua. Tidak sedikit anak-anak yang sudah meninggalkan dan bahkan tidak mengetahui kesenian yang satu ini. Tetapi hal itu tidak sepenuhnya benar jika kita melihat salah satu ekstrakurikuler yang ada di SDN Tanjungrejo 01.

“Banyak siswa SDN Tanjungrejo 01 yang memiliki bakat bermain alat musik karawitan,” ungkap Kepala SDN Tanjungrejo 01 Sri Handayani, S.Pd.SD kemarin. Hal ini dikarenakan banyaknya penduduk desa Tanjungrejo yang memiliki paguyuban karawitan sehingga darah seni mereka mengalir pada anak-ananknya, tambahnya.

Pada Ekstrakurikuler Karawitan ini, siswa dilatih memainkan alat musik tradisional yang terdiri dari saron, bonang, kendang dan gong. Karawitan tersebut merupakan jenis Karawitan Gending yang merupakan satu bentuk kesenian di mana dalam penyajiannya lebih mengutamakan unsur instrumental atau alat musik.

Melalui Ektrakurikuler karawitan yang dilaksanakan di SDN Tanjungrejo 01 setiap hari sabtu ini, Sri Handayani berharap dapat mengembangkan kemampuan dibidang seni dan juga menanamkan nilai-nilai karakter seperti nilai cinta budaya. “Melalui kegiatan ekstrakurikuler diharapkan nilai cinta budaya dapat tertanam pada diri siswa. Cinta budaya termasuk pada indikator nilai karakter cinta tanah air yaitu menyenangi keragaman budaya dan seni di Indonesia dan mengagumi kekayaan budaya dan seni di Indonesia,”terangnya.

Sri Handayani juga menambahkan selain menumbuhkan rasa cinta tanah air, ekstrakurukuler karawitan diharapkan mampu menumbuhkan semangat kerjasama antar siswa. Seni karawitan merupakan seni tradisional yang yang dibawakan dalam bentuk kelompok, dengan masing-masing anggota kelompok memiliki tanggung jawab untuk memainkan satu jenis alat musik gamelan untuk menghasilkan alunan musikyang selaras sehingga dapat dinikmati oleh pendengar.

“Kegiatan ekstrakurikuler ini juga mendapat dukungan dari orang tua siswa dan perangkat desa setempat. Salah satu bentuk dukungannya yaitu tim karawitan SDN Tanjungrejo selalu ditampilkan dalam acara-acara yang diadakan di desa Tanjungrejo,”tegasnya.

Prestasi SDN Tanjungrejo 01:

Juara  III putra pemilihan siswa teladan jenjang SD tingkat Kabupaten tahun 2016

Juara I Olimpiade MIPA (Mapel Matematika) Tingkat Kecamatan Tahun 2016

Juara II Cabang Olahraga Bulu Tangkis Putra Tingkat Kabupaten Tahun 2016

Juara I Catur Tingkat Kecamatan Tahun 2016

Juara I Dokter Kecil Tingkat Kabupaten Tahun 2015

PNL : BAMBANG SUBAGIA, S.Pd, KS : SRI HANDAYANI, S.Pd.SD

RDR : BERMAIN KARAWITAN, TUMBUHKAN KARAKTER SISW (29 AGUSTUS 2017)