DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MADIUN

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

UPAYA MEMBENTUK SISWA BERKARAKTER

Sekolah Dasar Negeri Rejosari 01 Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun tidak hanya menggembleng siswa dengan kemampuan di bidang akademiknya saja, akan tetapi juga ingin mencetak siswa yang berkarakter Islam. Banyak kegiatan ekskul keagamaan yang diajarkan, diantaranya yaitu Baca Tulis Al Qur’an (BTQ) dan pembiasaan sholat dhuha dan dzuhur berjamaah. Kegiatan sholat dhuha dilaksanakan pada jam istirahat pertama sedangakan sholat dzuhur dan BTQ dilaksanakan di luar jam belajar. Di mana semua siswa sangat antusias dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Semua siswa sangat bersemangat.

Kegiatan tersebut dilakukan di luar jam belajar dengan tujuan untuk menambah kegiatan

Ekskul juga memiliki manfaat yang banyak sekali. Di antaranya adalah mendapat pengalaman baru, mendapat ilmu dan juga keterampilan baru.

Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan kehidupan yang bermakna, dan bermartabat. Pendidikan agama dimaksud untuk meningkatkan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlakul karimah.

Mariati berharap melalu BTQ dan pembiasaan sholat berjamaah dapat membentuk siswa yang berakhlak mulia meliputi etika, budi pekerti dan moral sebagai substansi karakter seorang muslim serta sebagai hasil proses dari manifestasi pendidikan agama.

Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tullis Al Qur’an (BTQ) adalah sebuah kegiatan membaca Al Qur’an dengan tartil, artinya jelas, racak dan teratur, semua hukum tajwid dan waqof terjaga dengan baik dan benar / terpelihara dengan sempurna.

Ekstrakurikuler BTQ dilaksanakan setiap hari senin sampai kamis setelah sholat dzuhur. Kegiatan ekstrakurikuler BTQ adalah mengajarkan kepada siswa tentang membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar. Sejauh ini kegiatan yang sudah dilakukan dalam ekstrakurikuler BTQ antara lain mengenalkan huruf hijaiyah, cara melafalkan huruf hijaiyah, ilmu tajwid serta tanda baca dalam Al-Qur’an. Kegiatan ini bermanfaat untuk mengajarkan siswa tentang cara membaca dan menulis Al-Qur’an supaya siswa nantinya bisa membaca, menulis, memahami dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

KS : SUMARIATI,S.Pd,SD

PNL : WAHYU DIAN SUKMANA,S.Pd

RDR : ESKUL BERBASIS ISLAM JADI KEBUTUHAN (20 SEPTEMBER 2017)