Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

SOPAN SANTUN DAN MENGHORMATI

Madiun-,Demi ngugemi warisan leluhur SDN Banjarasari 02 Kecamatan Madiun, mempertahankan karawitan. “Karawitan  merupakan salah satu ekstrakurikuler yang mulai dirintis sejak sepuluh tahun silam dengan nama bansada laras,” kata Pudji Rahayu  selaku kepala sekolah. Meskipun sudah sepuluh tahun lebih namun karawitan bansada laras tetap  eksis mengikuti perlombaan ditingkat kecamatan maupun kabupaten.

Awalnya dalam merintis karawitan ini memang cukup sulit. Makanya sekolah ini mengambil pelatih dari luar. Para siswa dikenalkan dengan alat-alat karawitan seperti : kendhang, bonang barung, bonang penerus, demung, saron, peking, kenong, kethuk dan slenthem.Cara memainkan alat- alat karawitan berbeda satu dengan yang lain. Contohnya kendhang cara memainkan dengan memukul dengan telapak tangan ,  berfungsi untuk mengatur tempo dalam permainan karawitan. Bonang barung merupakan instrument pemimpin, perannya lebih penting daripada bonang  penerus. Bonang penerus dimainkan dua kali lebih cepat. Adapun memainkan saron yaitu tangan kanan menabuh nada selanjutnya, tangan kiri menyentuh nada sebelumnya untuk menghapus sisa dengungan. Dengan sabar dan telaten pelatih memperkenalkan  alat - alat karawitan. Kadang ada yang bandel dan ramai dengan temannya. Karawitan bansada laras kadang diundang dalam acara hajatan warga.

Meskipun sulit dalam memainkan, namun para siswa sangat antusias belajar karawitan. “Dalam karawitan tidak hanya bermain gamelan dan nembang saja tetapi mereka juga diajari sopan santun dan menghormati kepada yang lebih tua,” kata Pudji Rahayu. Diharapkan dengan ekskul karawitan akan tercipta  anak bangsa yang kreatif, mandiri dan berbudi pekerti luhur. Para siswa biasanya berlatih karawitan setiap hari Rabu dan Sabtu. Ekskul  karawitan diikuti oleh kelas IV dan V. Pihak sekolah juga tengah mengembangkan ekstra pramuka dan tari. Dari ekskul tersebut ternyata menjadi daya tarik  bagi sekolah. Sehingga tidak heran jika berbagai inovasi itu mampu menarik minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya di SDN Banjarsari 02. (Tanty Mufida/tp7 /rgl)

Prestasi SDN Banjarsari 02

Juara III Olimpiade MIPA tingkat kecamatan.

Juara I Kepala Sekolah Prestasi tingkat kecamatan.

Juara I   Guru Prestasi tingkat kecamatan.

Juara III Atletik tingkat Kabupaten.

RDR : AKTIF LESTARIKAN BUDAYA LELUHUR (19 OKTOBER 2017)